CLOSE [X]
ads

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 04 November 2021 | 14:54 WIB
Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh


MOMSMONEY.ID - Biji selasih adalah bibit dari tanaman basil yang daunnya sering dijadikan sebagai bumbu masakan. Dikenal dengan nama latin Ocimum basilicum mengandung beragam senyawa aktif.

Usai mengenali betapa banyak kandungan vitamin dan mineral dalam biji selasih, sudah tentu ada banyak manfaat yang dihasilkan dari biji-bijian ini.

Berikut ini sederet manfaat biji selasih yang tentu baik untuk kesehatan tubuh dan sayang dilewatkan. 

Baca Juga: Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

1. Menurunkan kadar kolesterol

Biji selasih berpotensi menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Menurut sebuah riset, manfaat biji selasih ini diduga terkait dengan serat larut yang terkandung di dalamnya.

Pasalnya, serat tersebut dapat membantu tubuh dalam mengikat kolesterol. 

2. Menyuburkan rambut

Bagi Anda yang punya masalah dengan rambut rontok atau rambut yang makin menipis, mungkin biji selasih bisa membantu. Kandungan zat besi dalam biji ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Membantu kenyang lebih lama

Selain baik untuk usus, pektin diketahui dapat meningkatkan kadar hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang. Meski demikian, belum diketahui dengan jelas apakah efek ini bisa benar-benar berkhasiat dalam menurunkan berat badan.

4. Menguatkan tulang dan otot

Satu sendok makan (sekitar 13 gram) biji selasih dapat memenuhi 15 persen dari asupan harian kalsium yang direkomendasikan. Seperti yang Anda tahu, kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk kekuatan tulang sekaligus fungsi otot.

5. Meredakan stres

Dengan kandungan antioksidan di dalamnya yang signifikan, biji selasih dapat meningkatkan suasana hati atau mood Anda. Cobalah sertakan biji ini ke dalam segelas air untuk membantu dalam meredakan stres dan rasa cemas. 

Baca Juga: Hindari Makanan Ini Jika Anda Mempunyai Alergi Telur

Namun perlu diperhatikan bahwa kadar serat yang tinggi ini dapat memicu masalah pada pencernaan, seperti kembung.Oleh karena itu, usahakan Anda tidak mengonsumsi biji selasih terlalu banyak dalam sekali makan.

Anda dapat meningkatkan asupannya perlahan-lahan untuk membantu usus dalam beradaptasi. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan porsi konsumsi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Penanganan yang Tepat Jika Anda Memiliki Alergi Susu Pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru