HOME, Bugar

Manfaat Daging Merah untuk Perempuan dan Ibu Hamil

Manfaat Daging Merah untuk Perempuan dan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Daging merah seperti daging kambing dan sapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama ibu hamil. Mengutip laman India Times, Direktur Chevon Agrotech Pvt. Ltd, Rizwan Thakur, mengatakan, daging merah bermanfaat bagi wanita hamil karena dapat mencegah anemia selama kehamilan pada ibu dan juga bayinya. 

Ibu hamil jugadianjurkan untuk makan lebih banyak daging merah selama masa kehamilan untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Tidak hanya pada ibu hamil, daging merah juga memiliki manfaat pada wanita selama  menstruasi. 

Daging dapat membantu memulihkan nyeri haid. Selain itu, kandungan vitamin B12 dalam daging kambing bermanfaat untuk kesehatan kulit, meredakan stres dan depresi. 

Baca Juga: Kenali Risiko Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat daging merah untuk perempuan dan ibu hamil.

1. Sumber Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang berperan penting dalam metabolisme tubuh adalah zat besi. Dilansir dari Medical News Today, tubuh membutuhkan mineral ini untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah, untuk mengedarkan oksigen dalam tubuh. Nah, zat besi ini banyak terkandung dalam daging merah.

2. Kaya Vitamin

Daging merah juga mengandung vitamin, seperti vitamin A, B, dan D yang dibutuhkan tubuh. Perlu diingat, ketiganya tidak hanya baik untuk kesehatan mata, gigi, dan tulang saja, tetapi juga mendukung kerja sistem saraf pusat sehingga kesehatan mental makin terjaga.

Baca Juga: 4 Hal ini Wajib Dilakukan Setelah Berpergian agar Tak Terpapar Covid-19

3. Sumber Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh. Pasalnya, kekurangan protein bisa menimbulkan masalah mulai dari rambut rontok hingga gangguan fungsi otak dan mental. Untungnya, sumber zat protein mudah didapat, misalnya melalui konsumsi daging merah.

Zat ini bermanfaat untuk membangun jaringan tubuh, produksi antibodi dalam sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Menariknya lagi, daging merah mengandung semua asam amino esensial. Tidak salah jika menu satu ini berada di peringkat teratas sebagai sumber protein terbaik.

Namun perlu diingat, jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, tentu akan berisiko buruk bagi kesehatan Anda. 

Selanjutnya: Gejala Ambeien yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News