Bugar

Manfaat Bunga Telang untuk Kulit Wajah, Cegah Penuaan Dini

Manfaat Bunga Telang untuk Kulit Wajah, Cegah Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Bunga telang cukup sering ditemukan di pekarangan rumah karena bewarna biru cantik dan bermanfaat buat tubuh, seperti menjaga imun, merawat kesehatan rambut dan lain-lain.

Bunga telang atau Clitoria Ternatea mengandung anthomicin dan antosianin yang kaya akan antioksidan. Kandungan yang dimiliki bunga telang ini ternyata bisa bermanfaat untuk kulit. Kini, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bunga telang sebagai bahan bakunya.

Jika Anda tertarik mengenal dengan bunga berwarna biru ini, berikut manfaat bunga telang untuk kulit wajah dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

Bunga telang

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat pertama bunga telang untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Penyebab munculnya kerutan halus salah satunya karena penumpukan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi bunga telang karena antioksidan serta flavonoid dalam bunga telang dapat menghancurkan radikal bebas, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, serta melindungi sel-sel kulit yang sehat.

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat bunga telang untuk wajah selanjutnya adalah mampu menghilangkan jerawat. Anda dapat menggunakan bunga telang sebagai masker wajah dengan cara menumbung bunga telang hingga berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan bunga telang yang sudah menjadi pasta ke bagian wajah yang terdapat jerawat.

Pastikan Anda mencuci bunga telang terlebih dahulu serta menggunakan peralatan yang higenis sehingga tidak menimbulkan bakteri yang berbahaya bagi jerawat.

Baca Juga: Khusus Kartu Kredit Digibank, Diskon Hotel & Pesawat Mister Aladin s.d Rp170.000

3. Mencerahkan kulit

Berikutnya, bunga telang juga mampu mencerahka kulit. Bunga telang mengandung antioksidan yang mana mampu mencerahka kulit yang tidak merata akibat paparan sinar matahari. Antioksidan berperan sebagai zat yang dapat mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal dan menghambat enzim yang merangsang produksi melanin.

4. Meningkatkan struktur kolagen

Manfaat bunga telang untuk kulit wajah lainnya adalah meningkatkan struktur kolagen. Menurut penelitian kandungan yang ada di dalam bunga telang bisa meningkatkan stuktur kolagen dalam kulit. Hal ini dikarenakan bunga telang memiliki ekstrak yang mengandung polifenol dan flavonoid alami yang merupakan zat antioksidan kuat. Kedua kandungan ini dapat merangsang produksi alami kolagen dan elastin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News