HOME, Bugar

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Sirsak merupakan buah tropis yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Sirsak biasanya dimakan dengan memotong buah menjadi dua dan menyendok dagingnya.

Daging buah yang lembut dapat digunakan dalam kemasan minuman, jus makanan penutup, dan bahkan permen. 

Sirsak memiliki rasa yang khas, sedikit asam, dagingnya kenyal, berwarna putih, dan menyegarkan. Kandungan gizi yang terdapat dalam sirsak mampu menyembuhkan berbagai masalah kulit, bahkan diduga dapat menyembuhkan jenis kanker tertentu. 

Ini penjelasan seputar manfaat dan khasiat buah sirsak untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat sirsak yang sebaiknya kita ketahui.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Peredaran Darah Tidak Lancar pada Tubuh

1. Menurunkan tekanan darah

Sirsak bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Gadjah Mada, menunjukkan bahwa suplemen yang terbuat dari daun, ekstrak, dan biji sirsak mengurangi penurunan kadar LDL dalam tubuh. 

2. Kesehatan kulit

Penelitian yang ditulis dalam International Journal of Pure & Applied Bioscience, biji sirsak dapat digunakan sebagai penyegar untuk kulit. Riset dilakukan dengan cara menghancurkan biji dan buah sirsak dan tempelkan pada kulit. 

Sirsak memiliki manfaat dan khasiat dalam mengurangi garis-garis kerutan, serta mengurangi gejala penuaan kulit. Antioksidan dalam sirsak mampu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari infeksi bakteri.

3. Membantu membunuh sel kanker

Kandungan yang ada pada sirsak merupakan cara alternatif untuk mengurangi risiko kanker. Buah sirsak mampu menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker. 

Dalam sel kanker payudara, buah ini juga mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Penyakit Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan

4. Menghilangkan stres

Teh sirsak telah digunakan untuk menghilangkan stres dan insomnia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rutgers University Libraries, sifat antiradang pada sirsak bisa menenangkan seseorang yang sedang sulit tidur.

Hormon stres dalam tubuh bisa mengganggu dan merusak metabolisme tubuh.  Selain membantu menghilangkan stres, efek menenangkan tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi insomnia.

Nah, mulai sekarang masukkan buah sirsak ke dalam daftar menu sehat yang wajib dikonsumsi ya, Moms.

Selanjutnya: Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News