HOME, Bugar

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Asam Lambung

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Pir merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk Anda yang memiliki masalah pada pencernaan seperti asam lambung juga bisa mengonsumsi buah ini untuk pengobatan alami. 

Pir menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan serat tertinggi yakni sebesar 6 gram untuk setiap 1 buah pir ukuran sedang yang sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

Selain itu, dalam buah pir juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan juga vitamin K. Sedangkan kandungan mineral yang ada dalam buah pir di antaranya adalah kalium, kalsium, magnesium, mangan dan tembaga. 

Baca Juga: Segudang Manfaat Pisang Ini Tidak Perlu Diragukan untuk Kesehatan

Berikut manfaat buah pir untuk asam lambung yang perlu Anda ketahui

1. Mengatasi rasa tidak nyaman di mulut

Ketika asam lambung sedang naik sampai ke saluran cerna atas, maka akan timbul rasa yang tidak enak seperti asam dan pahit di area mulut. Selain itu, area kerongkangan juga bisa terasa nyeri.

Rasa manis dan beberapa kandungan dalam manfaat buah pir hijau ini sangat baik untuk menetralisir rasa tidak nyaman yang terjadi pada mulut serta kerongkongan.

2. Mengandung serat tinggi

Dalam buah pir mengandung serat yang sangat tinggi yang akan menambah berat serta kelembapan yang akan dibuang atau dengan kata lain melancarkan pembuangan kotoran dan mencegah konstipasi. 

3. Mengandung vitamin B6

Dalam buah pir mengandung vitamin B6 yang menjadi salah satu vitamin penting untuk menurunkan gejala dari asam lambung. Buah pir ini sangat tepat untuk dikonsumsi selama program diet penderita asam lambung, sebab bisa mengurangi rasa sakit dan meredakan gejala dari asam lambung.

4. Mengandung vitamin A dan C

Sebuah penelitian di universitas Amerika membuktikan jika berbagai makanan yang tinggi akan antioksidan seperti salah satunya adalah buah pir sangat baik untuk meredakan gejala asam lambung. 

Manfaat antioksidan dalam buah pir akan melindungi tubuh dari berbagai kerusakan radikal bebas, infeksi, kerusakan seluler dan juga menjaga kesehatan pencernaan.

5. Mencegah kembung sesudah makan

Mengonsumsi buah pir sesudah makan juga sangat ampuh untuk mencegah perut terasa kembung dan begah, yang umumnya juga dialami penderita asam lambung sesudah makan dalam jumlah banyak.

 Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menderita Sakit Maag

Secara umum, buah-buahan merupakan makanan yang menyehatkan. Hampir tidak ada dampak buruk dari mengonsumsi buah-buahan, kecuali jika Anda menderita gangguan asam lambung dan keliru dalam memilih jenis buah yang dikonsumsi.

Ada buah-buahan yang membantu menetralisasi kondisi lambung, tapi ada pula yang justru meningkatkan produksi asam lambung. Maka, cermatlah dalam memilih buah agar kebiasaan makan buah yang sehat tidak malah memperparah gejala maag.

Selanjutnya: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News