Manfaat Buah Pir, Ini 5 Buah yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 25 November 2022 | 05:24 WIB
Manfaat Buah Pir, Ini 5 Buah yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

ILUSTRASI. Manfaat Buah Pir, Ini 5 Buah yang Baik untuk Penderita Asam Lambung


MOMSMONEY.ID - Manfaat buah pir untuk lambung ternyata sangat beragam. Selain itu, ada beberapa buah yang baik untuk penderita asam lambung yang bisa Anda konsumsi. 

Untuk Anda yang memiliki masalah pada pencernaan seperti asam lambung, juga bisa mengonsumsi buah ini untuk pengobatan alami.    

Selain itu, dalam buah pir juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, kalium, kalsium, magnesium, mangan dan tembaga.    

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut manfaat buah pir untuk penderita asam lambung yang perlu Anda ketahui, antara lain:   

Baca Juga: Bisa Mencegah Kanker, Ini Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengandung vitamin B6

Manfaat buah pir untuk lambung yang pertama adalah mengandung vitamin B6. Vitamin B6 penting untuk menurunkan gejala dari asam lambung.  

Buah pir ini sangat tepat untuk dikonsumsi selama program diet penderita asam lambung, sebab bisa mengurangi rasa sakit dan meredakan gejala dari asam lambung.   

2. Mengatasi rasa tidak nyaman di mulut

Manfaat buah pir untuk lambung yang kedua adalah mengatasi rasa tidak nyaman di mulut.   

Rasa manis dan beberapa kandungan dalam manfaat buah pir hijau ini sangat baik untuk menetralisir rasa tidak nyaman yang terjadi pada mulut serta kerongkongan.   

3. Mengandung antioksidan tinggi

Manfaat buah pir untuk lambung yang ketiga adalah mengandung antioksidan tinggi.  

Manfaat antioksidan dalam buah pir akan melindungi tubuh dari berbagai kerusakan radikal bebas, infeksi, kerusakan seluler dan juga menjaga kesehatan pencernaan.   

4. Mengandung serat tinggi

Manfaat buah pir untuk lambung yang selanjutnya adalah mengandung serat yang tinggi.   

Dalam buah pir mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bisa memabntu melancarkan pembuangan kotoran dan mencegah konstipasi.    

5. Mencegah kembung sesudah makan 

Manfaat buah pir untuk lambung yang terkahir adalah mencegah kembung setelah makan.   

Mengonsumsi buah pir sesudah makan bisa mencegah perut terasa kembung dan begah, yang umumnya juga dialami penderita asam lambung sesudah makan dalam jumlah banyak.   

Itulah beberapa manfaat buah pir untuk lambung yang tidak banyak orang tahu. Selain itu ada 10 buah yang baik untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba. 

Baca Juga: Meski Banyak Manfaat, Kenali 5 Risiko Minum Kopi Setiap Hari

Penderita asam lambung harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa jenis buah yang bisa memperparah asam lambung.    

Meski ada beberapa jenis buah yang harus dihindari, nyatanya masih ada jenis buah lainnya yang aman.     

Itulah mengapa orang yang memiliki masalah asam lambung perlu menjaga asupan makanannya, termasuk buah, untuk mencegah kekambuhan.      

Dikutip dari Web MD dan Mayo Clinic, inilah beberapa buah yang baik untuk penderita asam lambung adalah sebagai berikut:  

1. Melon 

Buah yang baik untuk penderita asam lambung pertama adalah buah melon. Lalu, ada juga buah melon yang aman untuk penderita asam lambung.     

Seperti halnya buah pisang, melon juga merupakan buah yang mengandung basa, sehingga sangat efektif untuk melawan asam.      

2. Pisang

Buah yang baik untuk penderita asam lambung kedua adalah buah pisang. Pisang bisa jadi pilihan camilan sehat untuk penderita asam lambung saat merasa lapar.  

Pisang mengandung senyawa aktif yang berfungsi melawan asam dalam tubuh, juga kandungan kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien.     

3. Pepaya 

Buah yang baik untuk penderita asam lambung ketiga adalah buah pepaya. Buah ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium.     

Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan.      

4. Semangka 

Buah yang baik untuk penderita asam lambung keempat adalah buah semangka. Semangka dikenal sebagai buah yang segar dan mengandung banyak air.     

Jenis buah ini ternyata juga aman dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung. terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino dalam satu buah semangka.     

5. Persik

Buah yang baik untuk penderita asam lambung terakhir adalah buah persik.Buah ini memiliki banyak kandungan kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C.     

Buah persik mungkin memiliki kandungan asam, tetapi tergolong rendah dan aman untuk pengidap penyakit asam lambung.     

Itulah manfaat buah pir untuk lambung yang bisa Anda ketahui dan 10 buah yang baik untuk penderita asam lambung yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Selanjutnya: Penyebab Benjolan di Ketiak & Penyakit dengan Benjolan di Ketiak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER