HOME, Bugar

Manfaat Buah Pir, Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Pir, Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

MOMSMONEY.ID - Pir adalah buah berbentuk bel dengan perpaduan rasa manis dan masam. Buah ini sejak dulu dianggap sebagai salah satu asupan makanan dengan gizi yang seimbang, sebab kandungan gizinya sangat melimpah dan beragam.  

Manfaat buah pir untuk kesehatan diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Buah pir tidak hanya mengandung banyak serat, tapi juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, tembaga, dan magnesium, silansir dari Mayo Clinic.  

Berikut ini adalah ragam manfaat buah pir yang sayang untuk dilewatkan. 

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Sebelum Melakukan Diet Buah

1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Salah satu vitamin paling serbaguna dalam tubuh manusia adalah vitamin A. Buah pir mengandung vitamin A dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Melalui vitamin yang terdapat dalam buah pir, kamu dapat mengurangi efek penuaan pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan dengan cara mengonsumsi buah pir secara teratur. 

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi 2 buah pir dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan serat harian Anda. Asupan serat yang cukup dapat melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah terjadinya sembelit.

Dengan BAB yang teratur, usus Anda juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

3. Kaya antioksidan

Buah pir kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang dapat memerangi berbagai penyakit di dalam tubuh. Buah pir juga memiliki komponen vitamin A, senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.  

Semua kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat ditemukan dalam buah pir yang dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. 

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah pir bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, tingginya kadar flavonoid, bersamaan dengan vitamin K dan tembag.

Buah pir juga bermanfaat untuk melawan peradangan, sehingga tubuh Anda menjadi lebih fit dan tidak mudah terkena penyakit. 

5. Membantu menjaga kesehatan tulang

Buah pir mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk tulang, di antaranya vitamin Kdan boron. Vitamin K bersama mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan fosfor bekerja sama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan. 

Sementara itu, boron berperan dalam menambah kepadatan mineral tulang, menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang. Berbagai fungsi ini merupakan kunci dari tulang yang kuat dan padat. 

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Sebelum Melakukan Diet Buah

Berkat kandungan gizinya, tak heran bila pir disebut sebagai salah satu buah dengan kandungan gizi terbaik. Buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, melawan kanker, hingga meredakan peradangan dalam tubuh.

Selanjutnya: Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengalami Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News