HOME, Bugar

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah nangka lebih dikenal lewat olahan gudeg atau topping es doger daripada jadi santapan langsung. Buah ini pun tak sepopuler buah lainnya yang dimasukkan dalam menu makanan sehat. 

Namun, kandungan serat pada nangka bisa memperlancar pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah pun dinilai dapat mengontrol gula darah dengan baik.

Selain serat, nangka juga mengandung protein yang dapat mencegah kadar gula darah agar tidak naik terlalu cepat setelah makan. Dikutip dari Healthline dan Everyday Health, berikut beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang banyak orang tidak ketahui.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Buah nangka memiliki manfaat dalam memperbaiki sistem pencernaan berkat kandungan seratnya. Nutrisi ini memiliki peranan penting dalam memperlancar sistem pencernaan dan menghindari sembelit. 

Selain itu, buah nangka memiliki kandungan prebiotik. Para ahli meyakini bahwa nutrisi pada buah nangka yang satu ini dapat membantu pertumbuhan bakteri yang memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Asupan buah harian yang mengandung magnesium seperti nangka bisa berdampak baik pada kualitas tidur. Konsumsi nangka juga dapat menghindari masalah insomnia, khususnya pada orang tua yang rentan kekurangan magnesium.

3. Menyembuhkan luka

Antioksidan vitamin C pada buah nangka juga penting dalam sistem imun yang sehat. Nutrisi tersebut juga dibutuhkan tubuh dalam pembentukan kolagen.

Hal ini penting untuk memelihara kesehatan kulit, tulang, jaringan ikat seperti pada pembuluh darah dan tulang rawan, hingga penyembuhan luka.

Studi lainnya juga menyebutkan kalau terdapat ciri menyembuhkan dari ekstrak daun buah nangka. Hasil tes mengemukakan adanya kemampuan ekstrak tersebut dalam meningkatkan proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Ampuh Hilangkan Bau Mulut

4. Memperkuat tulang

Nangka memiliki kandungan bernama Mangan. Mangan merupakan nutrisi kunci untuk pembentukan tulang. Beberapa studi menyebutkan kalau perempuan pasca-menopause yang diberi serum mangan yang tinggi positif memiliki keterkaitan dengan kepadatan mineral tulang dan sedikit risiko tulang patah.

5. Melawan kanker

Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh memang meningkatkan potensi kerusakan sel, atau Anda juga bisa menyebutnya sebagai stres oksidatif. Jika sudah demikian, risiko Anda mengalami berbagai penyakit serius, seperti kanker, akan terus meningkat. 

Nangka yang kaya akan kandungan antioksidan dan fitonutrien dapat membantu melawan kanker. Pasalnya, nutrisi pada buah nangka tersebut memiliki manfaat dalam membantu tubuh melawan efek radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid, saponin, dan tanin pada nangka juga memiliki sifat antikanker.

Itu dia manfaat buah nangka yang ternyata tak kalah dengan buah lainnya. Anda bisa menambahkan buah ini ke dalam menu harian untuk memperoleh berbagai nutrisi dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

Selanjutnya: Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News