HOME, Bugar

Manfaat Berjemur pada Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Berjemur pada Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf, dilansir dari Mayo Clinic.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia.

Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis. Dengan menemukan berapa lama dan kapan Anda harus berjemur dapat membantu menjaga keseimbangan vitamin D pada tubuh.

Baca Juga: Bahaya Di Balik Konsumsi Berlebihan Dosis Vitamin D

Selain itu, dirangkum dari Mayo Clinic dan Sleep Education, berikut ini sejumlah manfaat lain dari sinar matahari yang bisa Anda peroleh.

1. Menekan risiko kanker

Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang bisa memicu kanker kulit. Namun dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari justru bisa mencegah berbagai penyakit kanker.

2. Meningkatkan produksi vitamin D

Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.

Tidak hanya itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah beragam penyakit, seperti rakitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, serta multiple sclerosis.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur.

Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur Anda dapat terganggu.

Baca Juga: Kunci Ampuh Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

4. Mencegah depresi

Paparan sinar matahari di pagi hari juga mampu menghindarkan Anda dari depresi. Kurangnya paparan sinar matahari dapat menurunkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh, sehingga lebih mudah terjadi depresi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh.

Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi.

Sinar matahari memang menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Hanya saja, Anda bisa memaksimalkan manfaat tersebut dan terhindar dari bahaya sinar matahari bila berjemur dengan benar.

Selanjutnya: 5 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News