HOME, Bugar

Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.  

Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf, dilansir dari Mayo Clinic.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.  

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia.  

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda Jika Rutin Dikonsumsi

Selain itu, dirangkum dari Mayo Clinic dan Sleep Education, inilah manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, antara lain:  

1. Menekan risiko kanker

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang pertama adalah menekan risiko kanker.  

Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang bisa memicu kanker kulit. Namun dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari justru bisa mencegah berbagai penyakit kanker.  

2. Meningkatkan produksi vitamin D

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang kedua adalah meningkatkan produksi vitamin D. Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. 

Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.  

3. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang ketiga adalah memperbaiki kualitas tidur. Paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh.

Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur Anda dapat terganggu.  

Baca Juga: Bukan Hanya Alzheimer, Inilah 5 Penyebab Sering Lupa yang Harus Diwaspadai

4. Mencegah depresi

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang keempat adalah mencegah depresi.  

Kurangnya paparan sinar matahari dapat menurunkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh, sehingga lebih mudah terjadi depresi.  

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang terakhir adalah menginkatkan sistem kekebalan tubuh.  

Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. 

Itulah beberapa manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News