CLOSE [X]
ads

Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 22 Mei 2022 | 09:00 WIB
Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan


MOMSMONEY.ID - Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.  

Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf, dilansir dari Mayo Clinic.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.  

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia.  

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda Jika Rutin Dikonsumsi

Selain itu, dirangkum dari Mayo Clinic dan Sleep Education, inilah manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, antara lain:  

1. Menekan risiko kanker

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang pertama adalah menekan risiko kanker.  

Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang bisa memicu kanker kulit. Namun dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari justru bisa mencegah berbagai penyakit kanker.  

2. Meningkatkan produksi vitamin D

Manfaat dari berjemur di pagi hari untuk kesehatan yang kedua adalah meningkatkan produksi vitamin D. Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. 

Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.  

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER