HOME, Bugar

Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Gigi Anda

Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Gigi Anda

MOMSMONEY.ID - Seperti yang Anda tahu bahwa baking soda sering digunakan untuk bahan pengembang kue. Ternyata, baking soda memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan gigi. Simak penjelasan mengenai manfaat baking soda untuk perawatan gigi, yaitu:

1. Memutihkan gigi

Pertama, manfaat dari baking soda yakni memutihkan gigi. Memiliki gigi yang bersih dan putih menjadi keinginan banyak orang. Memang benar! Dari sudut pandang kimia, baking soda (Sodium Bikarbonat) memiliki sifat sedikit abrasif, sehingga dapat menghilangkan noda pada gigi baik karena sering minum teh, kopi, atau merokok.

2. Melawan Bakteri

Manfaat lain dari baking soda adalah mampu melawan bakteri, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi potensi gigi menjadi rusak.

3. Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Melansir dari tanyapepsodent.com, Plak gigi merupakan gabungan antara sisa makanan dan air liur yang menempel di gigi dan menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri.

Plak gigi memiliki sifat asam dan dapat merusak gigi dan gusi. Di sini lah baking soda mengambil peran selaku zat bersifat basa.

Kehadirannya akan mengurangi tingkat keasaman mulut dan membersihkan gigi dari plak. Dengan mulut yang sudah lebih netral, fluoride dalam pasta gigi dapat dengan lebih mudah untuk mengembalikan enamel gigi yang rusak.

Baca Juga: Kulit wajah kering dan bersisik? Coba atasi dengan 8 langkah ini

4. Penggunaan Baking Soda yang Tepat untuk Gigi

Jika gigi Anda sensitif atau memiliki masalah gusi, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter gigi agar lebih aman. Jika tidak, maka Anda dapat menggunakan baking soda sebagai perawatan mendiri gigi.

Semakin banyak baking soda yang dipakai, semakin efektif juga manfaat yang diberikan. Namun, jumlahnya juga tetap harus dibatasi.

Penggunaan yang berlebihan malah akan membuat gigi menjadi rusak. Ini kembali karena sifat abrasif yang dimiliki, sehingga enamel gigi akan semakin terkikis dan menjadi sensitif jika digunakan terlampau banyak dan sering.

Penggunaan baking soda untuk gigi juga memiliki aturannya. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan bahan lain yaitu air, pasta gigi, hidrogen peroksida, lemon, jeruk nipis, minyak kelapa, stroberi, atau cuka apel. Perhatikan durasi pemakaian baking soda tidak boleh lebih dua menit.

Selanjutnya Anda langsung berkumur dengan air bersih. Cara ini diulang paling banyak 2-3 kali setiap minggu. Jangan lupa!, tetaplah rutin menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur malam setiap hari.

Selanjutnya: Moms, Ini Tiga Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News