HOME, Bugar

Manfaat Bahan Charcoal Bagi Kesehatan Kulit dan Wajah

Manfaat Bahan Charcoal Bagi Kesehatan Kulit dan Wajah

MOMSMONEY.ID - Di era modern ini, bahan charcoal sering dipakai oleh produk kecantikan dan kesehatan.Ternyata charcoal atau arang yang pernah anda temukan itu memiliki banyak manfaat. Namun, anda tetap tidak bisa menggunakan charcoal langsung ke wajah atau badan tanpa ada proses bahan lainnya. Untuk mengetahui manfaat terkandung dari charcoal, Momsmoney telah merangkum manfaat charcoal untuk kesehatan kulit dilansir dari lifebuoy.co.id :

1. Mengatasi kulit berminyak

Memiliki minyak pada kulit memang diperlukan untuk menjaga kondisi kulit agar tidak terlalu kering. Namun, produksi minyak yang terlalu berlebih juga bisa menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kulit. Di wajah misalnya, minyak berlebih bisa menyebabkan komedo atau jerawat. Itu sebabnya, kulit yang sehat adalah yang memiliki kelembapan seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.

2. Memperkecil pori-pori

Penyebab ukuran pori-pori membesar adalah produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati. Semakin besar ukuran pori-pori kulit, maka akan semakin mudah pula partikel-partikel asing masuk ke dalam kulit. Pori-pori yang besar menyebabkan kulit tampak kusam, dan bahkan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Charcoal memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga secara otomatis juga dapat memperkecil ukuran pori-pori.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

3. Membantu proses eksfoliasi kulit

Tekstur bubuk pada activated charcoal dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati yang mengendap di kulit. Dengan melakukan eksfoliasi menggunakan bubuk arang, kulit anda akan terasa lebih halus juga terjaga kesehatannya. Proses tersebut bisa anda dapatkan di produk skincare, sabun atau produk lain yang mengandung charcoal.

4. Detoksifikasi kulit

Kulit memerlukan detoksifikasi secara menyeluruh guna membuang kotoran, sebum, maupun partikel polusi yang menempel. Meski tak secara langsung memengaruhi kesehatan tubuh, kulit kotor yang dibiarkan begitu saja bisa membuat penampilan anda kurang menarik. Nah,bahan charcoal yang akan mendetoksifikasi kulit anda.

5. Memutihkan kulit ketiak hitam

Ketiak hitam menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami banyak orang dan bisa sangat mengganggu. Apabila tidak segera ditangani, masalah ketiak hitam bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Salah satu penyebab kulit ketiak menjadi hitam adalah karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di daerah ketiak, sehingga menimbulkan warna kehitaman.

Itulah manfaat bahan charcoal bagi kesehatan kulit dan wajah anda. Setelah anda mengetahui manfaat dari charcoal, Anda bisa membeli produk skincare, sabun, masker, lulur dll yang mengandung bahan charcoal. 

Selanjutnya: Perhatikan! 7 Cara Melebatkan Rambut Kepala Anda Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News