Bugar

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Asam jawa lebih terkenal sebagai penyedap rasa dibandingkan berbagai manfaat. Ada banyak kandungan dari buah ini yang bisa diberikan agar tubuh tetap sehat.

Meski rasanya sedikit asam, tanaman asam jawa dipercaya memiliki banyak manfaat yang sayang jika dilewatkan. Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, asam jawa banyak digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dilansir dari Journal of Food SciencE dan Science & Nutrition, berikut ini adalah beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Meredakan Sakit Maag

Mencegah diabetes

Efek kesehatan ini dikarenakan kandungan antiinflamasi dari ekstrak biji asam jawa yang terbilang efektif sebagai perlindungan potensial, dan meningkatkan pengaturan gula darah agar tetap normal.

Saat dikonsumsi secara rutin oleh pengidap diabetes, asam jawa bisa menurunkan kadar gula dalam darah. 

Mengatasi konstipasi

Kandungan asam tartarat, asam malat, dan kalium pada asam jawa dipercaya memiliki efek pencahar atau laksatif untuk melancarkan buang air besar dan mengatasi konstipasi.

Selain itu, asam jawa juga diduga bisa mengatasi beragam masalah pencernaan lain, seperti infeksi cacing di usus, gangguan fungsi hati dan empedu, serta gejala mual pada kehamilan.

Namun, penelitian lebih jauh diperlukan untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya bagi tubuh.

Memiliki sifat antikanker

Pada sebuah penelitian, disebutkan jika asam jawa memiliki sifat antikanker karena mampu mengurangi penanda stres oksidatif, dan menunda perkembangan karsinoma pada sel ginjal.

Hal ini dipercaya karena efek antioksidannya dan ekstrak biji asam jawa juga memiliki sifat induksi enzim antioksidan dan efek penghadang jalur sinyal yang berhubungan dengan kanker.

Untuk mencegah kanker, setiap orang perlu melakukan pemeriksaan rutin tahunan agar penyakit ini bisa terdeteksi dini.

Baca Juga: Terlalu Stres Bekerja? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa kandungan flavonoid di dalam asam jawa juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini karena flavonoid memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Kedua kondisi ini diketahui bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi asam jawa secara rutin guna menbisakan segala manfaatnya bagi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News