Manfaat Anggur, Menjaga Kesehatan Ginjal Hingga Menurunkan Kolesterol

Reporter: Helvana Yulian
Sabtu, 16 Oktober 2021 | 20:05 WIB
Manfaat Anggur, Menjaga Kesehatan Ginjal Hingga Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Anggur memiliki berbagai warna, ada yang merah keunguan, hijau, dan hitam. Rasanya yang sedikit asam dan manis memberikan sensasi segar saat mengonsumsinya.

Tidak hanya segar, anggur memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Anggur termasuk buah yang bisa Anda makan dengan berbagai cara.

Mulai dari memakannya secara langsung, dibuat jus, sampai diolah menjadi kismis. Selain bisa Anda olah menjadi berbagai macam makanan, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.  

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Berikut beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Menjaga kesehatan mata

Anggur memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata, dikutip dari Healthline.  

Mengutip dari American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia.  

2. Mengatasi berbagai masalah kulit

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit.  

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput.  

3. Mencegah kanker

National Library of Medicine menerbitkan artikel yang menjelaskan bahwa kandungan resveratrol dalam anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.  

Resveratrol adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.   

Baca Juga: Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Yuk Cari Tahu di Sini!

4. Menurunkan kadar kolesterol

Anggur berwarna merah memiliki manfaat sebagai cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliseridatinggi. Mengutip dari jurnal Food & Function, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari.   

Keberhasilan tersebut berkat kandungan resveratrol dan saponin. Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah.

Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbang.   

5. Mengoptimalkan kinerja ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi menetralisir racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat atau kotoran.  

Ekstrak anggur dapat membantu proses sekresi tubuh dengan cara mengeluarkan asam berlebihan, sehingga meringankan beban kerja ginjal dan menjaganya tetap sehat.

Mulai sekarang masukkan anggur sebagai menu sehat setiap hari untuk dikonsumsi. 

Selanjutnya: Jangan Remehkan, Kebiasaan Ini Membuat Berat Badan Anda Cepat Naik

Editor: Helvana Yulian
Terbaru