HOME, Bugar

Manfaat Ampas Kopi untuk Menghitamkan Rambut Alami

Manfaat Ampas Kopi untuk Menghitamkan Rambut Alami

MOMSMONEY.ID - Cara menghitamkan rambut secara alami ternyata cukup mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga tersedia di sekitar kita. Salah satunya adalah kopi.

Menggunakan ampas kopi sebagai masker rambut disebut bisa membantu menyamarkan warna putih dari rambut uban dan membuatnya terlihat lebih berkilau, dilansir dari Health Focus.

Untuk membuat rambut lebih hitam, Anda bisa membuat masker rambut dengan bahan dasar kopi hitam. Buatlah pasta untuk masker rambut dengan menyeduh kopi hitam dengan air, kemudian saring ampasnya.

Campurkan ampas kopi dengan kondisioner rambut secukupnya, lalu aplikasikan pada rambut yang sudah setengah kering. Tutup rambut dan diamkan selama 40 menit hingga 1 jam. 

Baca Juga: Yuk, Mulai Gunakan Air Mawar untuk Kesehatan Rambut

Selain kopi, dilansir dari Healthline ada bahan alami lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut, antara lain sebagai berikut:

1. Minyak wijen 

Ada kandungan lemak omega 3 dan omega 6 dalam minyak wijen. Kedua bahan ini nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Memanfaatkan minyak wijen untuk masker rambut juga bisa mencegah ujung rambut bercabang, sehingga kesehatannya terjaga termasuk warna rambut terlihat lebih sehat dan hitam alami.

Penggunaan minyak wijen bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Manfaat Minum Kopi Secara Rutin untuk Kesehatan Rambut

2. Sage

Rempah ini ternyata bisa membantu membuat rambut lebih hitam alami. Kamu bisa mengoleskan bahan ini langsung ke rambut.

Sage disebut memiliki kandungan pigmen yang bisa membantu menutupi uban secara alami. Kandungan antioksidan dalam daun ini juga disebut bisa mencegah dan mengurangi pertumbuhan uban kembali. 

3. Minyak kelapa 

Minyak kelapa sudah lama dikenal memiliki khasiat yang baik untuk rambut, termasuk menghitamkan rambut secara alami.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan terhindar dari risiko warna rambut memudar terlalu cepat. 

Faktanya, ada banyak cara untuk menghitamkan rambut secara alami yang bisa dicoba. Kuncinya adalah kesabaran dan melakukan perawatan secara rutin.

Dengan begitu, bahan alami yang digunakan bisa membantu menjaga kesehatan rambut secara menyeluruh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News