HOME, Bugar

Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasa dari keluarga pohon Myrtaceae. Sejak dulu, cengkeh dijadikan sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal.

Dengan beragam kandungan pada cengkeh yaitu kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, zink, folat, antioksidan, tak heran cengkeh dapat menunjang kesehatan tubuh, dilansir dari Healthline.

Sayangnya, manfaat cengkeh untuk kesehatan kurang sering dibahas di masyarakat, di luar perannya sebagai rempah penambah rasa pada olahan makanan dan minuman.

Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Daun Binahong

Berikut ini adalah manfaat cengkeh untuk kesehatan yang sayang jika Anda lewatkan.

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dentistry diketahui bahwa cengkeh dapat menjadi pengganti obat penahan rasa sakit seperti benzocaine untuk mengatasi sakit gigi dan gusi serta luka pada mulut. 

2. Mencegah ejakulasi dini

Journal of Medical Microbiology menyatakan bahwa cengkeh dapat menghambat pertumbuhan jamur. Bahkan, beberapa penelitian lain menyebutkan cengkeh dapat mencegah ejakulasi dinipada pria.

3. Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan studi yang dilakukan tahun 2006, tanaman herbal cengkeh dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang aktivitas insulin.

Selain itu, dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa konsumsi cengkeh secara teratur dapat membantu mengontrol diabetes.

Baca Juga: 5 Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Anda Waspadai

4. Meningkatkan fungsi hati

Zat eugenol di dalam cengkeh diyakini bermanfaat untuk menjaga fungsi hati Anda. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Heart Association, cengkeh memiliki efek yang cukup signifikan dalam mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

Hal yang juga perlu diingat, ada beberapa efek samping penggunaan cengkeh yang harus Anda waspadai, yaitu reaksi alergi, gangguan hati, iritasi pada kulit dan gusi, dan lainnya.

Jadi, harap konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk rutin mengonsumsi cengkeh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News