HOME, Bugar

Mampu Mengontrol Gula Darah, Cermati 9 Manfaat Melon untuk Kesehatan

Mampu Mengontrol Gula Darah, Cermati 9 Manfaat Melon untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Mengkonsumsi melon disebut-sebut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain baik untuk kesehatan, melon juga termasuk salah satu buah yang mempunyai rasa manis yang lezat dan menyegarkan.

Manfaat buah melon berasal dari kandunan nutrisi di dalamnya. Kandungan tersebut di antaranya banyak protein, vitamin C, vitamin B6, magnesium dan masih banyak lagi. 

Melon juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan karena mempunyai rasa yang enak. Selain itu, melon juga memiliki kalori yang rendah sehingga cocok dijadikan menu untuk diet menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Resep Praktis Martabak Manis Pakai Teflon, Masak Hanya 20 Menit!

Berikut beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan yang dilansir Healthline, di antaranya: 

Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat melon yang pertama bagi kesehatan adalah dapet membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Pasalnya, melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya potasium, hal tersebut dapat membantu Anda menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Melon juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Melon madu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang, termasuk folat, vitamin K dan magnesium.

Mengontrol Gula Darah

Bagi Anda yang mempunyai gula darah tinggi sangat cocok untuk mengkonsumsi buah melon. Pasalnya, melon mampu mengontrol gula darah karena mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan mencegah diabetes.

Baca Juga: Resep Bakso Roti Goreng Isi Telur, Camilan Minum Teh di Sore Hari

Mencegah Hidrasi 

Melon mengandung banyak air yang bermanfaat untuk mencegah hidrasi. Pasalnya, Melon madu mengandung sekitar 90% air dan mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi air dan nutrisi ini membuat melon bagus untuk menghidrasi setelah berolahraga, selama sakit, atau jika Anda hanya mencoba untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi melon juga mempunyai manfaat dapat mendukung kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat, protein struktural utama yang penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit Anda.

Baca Juga: Resep Omelet Mie Sosis yang Super Simpel untuk Ide Sarapan Hari Ini

Meningkatkan Imunitas

Manfaat melon selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.. Hal tersebut dikarenakan kandungan bitamin C dalam melon bisa dibilang paling dikenal karena perannya dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Jika Anda mengalami masalah pencernaan, melon mempunyai manfaat bisa membantu melancarkan pencernaan. Melon mengandung serat dan nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat melon lainnya adalah bisa membantu kesehatan mata. Pasalnya, Melon mengandung dua antioksidan kuat yaitu lutein dan zeaxanthin.

Senyawa karotenoi dalam melon ini terkenal untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan terkait usia. 

Baca Juga: Resep Ikan Panggang Bumbu Lemon Ala Restoran, Super Empuk dan Menyegarkan

Rendah Kalori

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah melon sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar menu makanan saat diet. Pasalnya, melon merupakan buah memiliki rendah kalori.

Ini tersedia secara luas, dan harganya sebanding dengan melon populer lainnya seperti melon atau semangka. Selain rendah kalori, melon juga memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi. Demikian beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News