Santai

Malas Kena Macet Mudik atau Balik? Jalur Pantai Selatan Jawa Bisa Jadi Pilihan

Malas Kena Macet Mudik atau Balik? Jalur Pantai Selatan Jawa Bisa Jadi Pilihan

MOMSMONEY.ID -  Rute Jalur Selatan Jawa kurang diminati para pemudik dari Jabodetabek dan sekitarnya. Menurut survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, Tol Trans Jawa jadi jalur favorit (33,35%) pemudik untuk menuju ke arah timur. Sedangkan 5,63% memilih jalur Pantai Utara Jawa. Faktor penyebabnya, karena tempat tujuan pemudik berlokasi di sepanjang pantai utara dan kondisi jalanan relatif rata, tidak banyak berkelok dan naik turun. 

Jalur Pantai Selatan Jawa di Cipatujah, Jawa Barat.

Sedangkan, jalur pantai selatan Jawa yang berkelok dan kontur naik turun, dianggap lebih berisiko. Sekitar 5% pemudik memilih jalur ini, lantaran tujuan mereka bisa lebih terjangkau lewat jalur selatan.

Jalur selatan Jawa yang berkelok dan naik turun itu, kebanyakan menyusuri tepi pantai. Jika Anda punya banyak waktu untuk melakukan road trip, tak ada salahnya memilih jalur selatan yang relatif sepi dari kerumunan pemudik. 

Baca Juga: Penasaran Bagaimana Cara Menghitung THR? Ini Lo Ketentuannya!

Di jalur ini, tantangannya adalah lalulintas lokal, seperti pemotor, dan agak langka SPBU. Jadi, pastikan BBM Anda penuh. 

Dari Jabodetabek, jalur pantai selatan dapat dijangkau lewat Tol Cileunyi, menyusur daerah Rancaekek menuju Garut. Seperti kita tahu, mayoritas pemudik memilih jalur Limbangan menuju Tasikmalaya ke kota-kota di Jawa Tengah. Jadi, jalur ke Garut ini sudah relatif sepi.

Jalur Pantai Selatan Jawa, Mandasari-Batu Karas.

Menuju ke Selatan, dari Garut, Anda bisa melalui Gunung Gelap, dengan pemandangan pegunungan, jalanan relatif halus berkelok-kelok. Jika beruntung, Anda bisa melihat Curug Jagapati Cisompet di jalur ini. Sampai Kabupaten Pamengpeuk, arahkan kendaraan ke Pangandaran lewat Pantai Cipatujah.

Baca Juga: 6 Tips Makeup Lebaran Anti Pudar dan Awet Seharian, Menarik untuk Dicoba!

Nah, di Pantai Mandasari, Pangandaran, Anda bakal menemukan satu dari empat rangkaian mercusuar yang dibangun Kementerian Perhubungan tahun 2014. Di Mandasari, namanya mercusuar Elang Laut Jawa. Terus saja menyusuri jalanan depan mercusuar, Anda akan sampai di Pantai Batu Karas, Pangandaran.

Jalur Mandasari-Batu Karas ini terbilang baru. Jalanannya aspal hitam mulus dengan kontur naik turun, separuh jalanan berikutnya adalah beton halus. Pemandangannya luarbiasa, laut dan perbukitan hijau. Pantai Batu Karas di Pangandaran merupakan salah satu tujuan surfing yang terkenal. 

Dari Pangandaran, untuk ke timur, Anda bisa menuju ke Kebumen, untuk kembali menyusuri jalur Pantai Selatan Jawa atau Jalan Pos hingga Jogjakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News