HOME, Keluarga

Makin Rapi, Ini Caranya Melakukan Decluttering di Dapur Rumah

Makin Rapi, Ini Caranya Melakukan Decluttering di Dapur Rumah

MOMSMONEY.ID - Dari seluruh area di rumah, dapur tergolong area yang mudah terlihat berantakan karena kerap terdapat banyak tumpukan barang di berbagai sudutnya.

Dapur yang berantakan dan penuh dengan barang tentu tidak nyaman jika digunakan untuk menyiapkan makanan, apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang.

Nah, untuk membantu Anda merapikan dapur dengan lebih efisien, Anda bisa melakukan decluttering di dapur Anda. Singkatnya, decluttering adalah kegiatan memilah-milah barang di suatu area supaya area tersebut lebih rapi dan bersih.

Bagaimana caranya melakukan decluttering di dapur? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Awas, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian

Tempatkan alat dapur berdasarkan penggunaan

Dilansir dari House Beautiful, penataan alat dapur berdasarkan penggunaannya dapat membantu Anda bekerja di dapur dengan lebih cepat dan efisien. Misalnya, jika Anda sering membuat kopi atau roti panggang, letakkan alat pembuat kopi atau toaster di atas meja dapur dan simpan peralatan lainnya yang tidak dibutuhkan di dalam kabinet.

Singkirkan piring dan gelas berlebih

Mungkin Anda pernah menimbun banyak piring dan gelas di dalam dapur sebagai cadangan atau untuk berjaga-jaga apabila rumah kedatangan banyak tamu. Supaya dapur tidak terlalu penuh, cobalah untuk melakukan decluttering dengan mengurangi jumlah piring dan gelas yang berlebih dan hanya simpan piring dan gelas yang dibutuhkan.

Susun bahan makanan supaya mudah dilihat

Salah satu masalah yang kerap dialami pemilik rumah adalah membeli bahan makanan yang ternyata sudah ada di dapur, sehingga bahan makanan tersebut menumpuk begitu saja di kabinet. Untuk membantu Anda mengingat bahan makanan apa saja yang tersedia di rumah, susunlah bahan makanan sedemikian rupa di dapur sehingga mudah dilihat, misalnya di rak atau keranjang khusus.

Baca Juga: Kamar Mandi Makin Stylish, Intip Ide Bathtub dengan Desain Unik Ini!

Letakkan alat dapur secara efisien

Sedikit berhubungan dengan poin pertama, Anda perlu menempatkan alat-alat dapur secara efisien sehingga memudahkan Anda saat bekerja.

Misalnya, letakkan alat memasak yang berat di kabinet bawah dapur supaya tidak membahayakan Anda jika terjatuh. Atau, simpan alat memasak yang jarang digunakan di tempat tersembunyi yang rapi sehingga mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Baca Juga: 4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

Singkirkan perlengkapan makanan pesan-antar

Pernahkah Anda menyimpan saus dalam kemasan sachet dan alat makan dari food delivery atau makanan pesan-antar supaya bisa digunakan kembali? Jika ya, mungkin ada baiknya Anda mulai menyingkirkan benda-benda tersebut. Sebab, saus kemasan dan alat makan tersebut biasanya hanya akan menjadi sampah yang menumpuk di dapur.

Rapikan dapur secara bertahap

Melansir laman The Kitchn, merapikan dapur secara bertahap dapat membantu Anda melakukan decluttering dengan lebih efisien. Jangan tergoda untuk langsung merapikan banyak tempat sekaligus, karena hanya akan membuat Anda cepat lelah dan menghambat kegiatan decluttering itu sendiri.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang bisa diterapkan jika Anda ingin melakukan decluttering di dapur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News