ads

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Vaksinasi Covid-19

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 08 September 2021 | 08:15 WIB
Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Vaksinasi Covid-19


MOMSMONEY.ID - Apakah dalam waktu dekat Anda akan melakukan vaksinasi COVID-19 dan sedang bingung bagaimana cara mempersiapkannya?

Pertama-tama, Anda harus rileks dan hindari khawatir berlebihan. Ingat, meskipun banyak yang mengaku mengalami efek vaksin COVID-19 yang bikin tidak nyaman, efek samping tersebut nyatanya bisa dicegah. 

Pada dasarnya tidak ada pola makan khusus yang perlu dilakukan jika hendak vaksinasi COVID-19. Namun, Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu dan yang paling penting menghindari alkohol sebisa mungkin. Berikut ini adalah makanan yang bisa Anda konsumsi setelah melakukan vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Yuk, Simak Panduan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

1. Kacang-kacangan 

Kacang juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Bonusnya lagi, makanan ini akan memelihara kesehatan jantung dengan lebih baik.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, orang yang mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung jarang mengalami inflamasi (peradangan). Kacang sehat yang direkomendasikan yaitu almon, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

2. Tiram

Tiram kaya akan zinc yang merupakan mineral penghilang patogen dari tubuh dan meningkatkan produksi protein untuk melawan infeksi virus. Itulah mengapa tiram menjadi makanan yang baik dikonsumsi ketika Anda membutuhkan gizi ekstra.

3. Air putih

Hidrasi dengan banyak minum air putih juga sangat diperlukan. Air memastikan tubuh dapat melawan sel-sel asing dan penyakit. Pasalnya, ketika seseorang sakit, tanpa sadar tubuhnya kehilangan banyak cairan.

CDC pun merekomendasikan minum banyak air setelah menerima suntikan vaksin coronavirus. Karena, air menambah oksigen ke darah, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

4. Sup ayam

Makanan sehat lainnya yang bisa disantap setelah menerima vaksin COVID-19 yaitu sup ayam. Hidangan ini menyediakan protein tinggi yang membantu memperkuat antibodi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahan pelengkap di dalam sup ayam yaitu wortel, bawang, dan seledri membantu memasok mineral seperti kalium dan zat besi, serta sumber beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan. Kaldu di dalam sup ayam juga mampu menghidrasi dan melegakan saluran pernapasan.

Baca Juga: Waspadai Komorbid Pada Penderita Covid-19, Ketahui Macam-Macamnya

5. Sayur dan buah-buahan

Buah dan sayuran kaya nutrisi dapat memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik. Asupan yang satu ini kaya vitamin C dan mampu membantu produktivitas sel darah putih. Aneka sitrus bahkan paprika bisa Anda makan setelah divaksinasi.

Lalu, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini akan melindungi diri dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya. Jika tak ditangkal, maka radikal bebas akan merusak DNA dan protein di dalam sel lalu berujung pada stres oksidatif. Kalau sudah begitu, risiko terserang penyakit akan tinggi.

Jika kamu mengalami efek vaksin yang mengkhawatirkan, seperti demam yang tak kunjung hilang berhari-hari atau gejala lainnya, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Selanjutnya: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER