HOME, Bugar

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Nyeri Sendi

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Nyeri Sendi

MOMSMONEY.ID - Ada banyak kondisi yang dapat dikategorikan sebagai nyeri sendi. Ini termasuk arthritis atau radang sendi, asam urat, osteoarthritis, infeksi pada sendi atau tulang, aktivitas fisik berlebihan, keseleo, hingga cedera, dikutip dari Medical News Today. 

Ada berbagai kondisi yang membuat Anda mengalami nyeri sendi. Selain mengonsumsi obat-obatan dan melakukan terapi fisik, ternyata mengurangi konsumsi makanan penyebab nyeri sendi juga dapat dilakukan sebagai cara mencegah sendi nyeri kambuh kembali.

Penting untuk mencegah nyeri sendi kambuh kembali dengan konsumsi obat nyeri sendi, terapi fisik, serta menghindari makanan penyebab nyeri sendi.

Baca Juga: Moms, Berikut Beberapa Makanan yang Dipercaya Jadi Obat Asam Urat

Oleh sebab itu, penderita nyeri sendi sangat dianjurkan untuk menghindari makanan penyebab nyeri sendi di bawah ini agar gejala nyeri sendi tidak mudah kambuh sewaktu-waktu.

1. Minuman bersoda

Selain makanan penyebab nyeri sendi, ada pula jenis minuman yang dapat meningkatkan risiko nyeri sendi, yaitu minuman bersoda.

Minuman bersoda mengandung banyak tambahan gula dan pengawet. Kandungan tersebut yang dapat meningkatkan risiko diabetes hingga penyakit jantung.

Selain itu, menurut riset yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi gula berlebihan dari minuman bersoda dapat memicu pelepasan zat pemicu peradangan yang dikenal dengan sitokin.

2. Daging merah

Seorang dokter spesialis osteopati menyatakan bahwa protein hewani dan lemak hewani yang berasal dari daging merah dapat menjadi makanan penyebab nyeri sendi, termasuk kambuhnya gejala rematik.

Jika Anda makan daging merah secara berlebihan, sistem kekebalan tubuh akan menganggap protein sebagai antigen dan memproduksi antibodi untuk melawannya.

Reaksi ini yang bisa menyebabkan pembentukan antigen kompleks yang menyebabkan nyeri sendi.

3. Makanan olahan atau kemasan

Makanan yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi, seperti dipanggang, dibakar, digoreng (deep fry), atau dipasteurisasi akan menghasilkan sebuah lemak yang dinamakan Advanced Glycation End Products (AGEs) dan menyebabkan sendir mengalami ngilu atau nyeri.

Baca Juga: Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu

4. Kelompok sayuran nightshade 

Sayuran nightshade adalah anggota dari keluarga tanaman bernama Solamaceae, seperti kentang, tomat, terong, paprika, dan ubi jalar, dilansir dari Mayo Clinic.

Kelompok sayuran tersebut dipercaya dapat meningkatkan peradangan sehingga menjadi makanan penyebab nyeri sendi karena mengandung alkaloid yang disebut solanin.

Sebuah penelitian dari University of Otago yang diterbitkan dalam jurnal BMC Musculoskeletal Disorders melaporkan bahwa makan tomat berkaitan dengan kenaikan kadar serum asam urat dalam darah, yang merupakan penyebab utama asam urat.

5. Produk olahan susu

Jika Anda pernah mengalami nyeri sendi, sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi produk olahan susu. Pasalnya, jenis protein tertentu di dalam makanan olahan produk susu bisa menjadi penyebab nyeri sendi dan peradangan lainnya.

Bagi sebagian orang, protein dalam produk olahan susu bisa mengiritasi area sekitar sendi. Namun, ada hasil penelitian yang bertentangan terhadap pernyataan tersebut. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa susu mengandung efek antiradang.

Mengatur pola makan yang tepat dengan menghindari makanan penyebab nyeri sendi dapat membantu mencegah kekambuhan sendi nyeri di kemudian hari.

Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan pilihan makanan untuk penderita nyeri sendi yang tepat.

Selanjutnya: Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan, Begini Cara Membuatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News