HOME, Bugar

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kelenjar Getah Bening

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kelenjar Getah Bening

MOMSMONEY.ID - Makanan merupakan penyebab utama terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). 

Melansir Mayo Clinic, pembengkakan yang terjadi pada bagian kelenjar getah bening jarang sekali berkaitan dengan kanker getah bening.

Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening ditandai dengan beberapa gejala, seperti nyeri pada salah satu kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan dan kelenjar getah bening yang mudah teraba. 

Bukan hanya menggunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter, Anda juga perlu melakukan perawatan terhadap kesehatan kamu dengan melakukan pola makan sehat.

Baca Juga: Kenali 4 Makanan Penyebab Kanker Mulut

Berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari bagi pengidap penyakit kelenjar getah bening.

1. Daging berlemak

Jika kamu mengalami kondisi pembengkakan kelenjar getah bening, hindari mengonsumsi daging berlemak. Melansir WebMD, terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak meningkatkan risiko kanker kelenjar getah bening.

2. Makanan yang mengandung MSG

Penyedap rasa yang berlebihan dalam makanan dapat mengubah kinerja kelenjar timus dan limpa. Keduanya merupakan bagian dari pembentuk limfosit, yakni sel darah putih yang memerangi kuman yang masuk ke dalam tubuh.

3. Makanan cepat saji

Sudah rahasia umum terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat memengaruhi kesehatan, termasuk sistem imun.

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan pada kelenjar getah bening, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji.

Melansir dari laman The Healthy, rutin mengonsumsi makanan cepat saji meningkatkan risiko gangguan jantung hingga stroke.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Gerd Anxiety yang Rentan Terjadi di Usia Muda

4. Alkohol dan nikotin

Kebiasaan merokok dan minum beralkohol perlu menjadi pantangan kelenjar getah bening yang sedang membengkak.

Dalam jurnal Alcohol and the Immune System, observasi sejak lama hubungan antara konsumsi alkohol yang berlebihan dengan respon imun tubuh yang melemah.

Dampak lebih lanjut meliputi naiknya risiko sepsis, luka sembuh lebih lambat, dan pemulihan dari infeksi yang lebih lama dan tidak sempurna.

5. Anggur

Selama menjalani perawatan kelenjar getah bening, Anda tidak disarankan mengonsumsi anggur dan sebangsanya (misalnya delima, blackberry, dan lain-lain) karena dapat mengganggu penyerapan obat kanker oleh tubuh.

Lakukan perawatan untuk penyakit kelenjar getah bening yang dialami, dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah serta penuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

Namun, bila kelenjar getah bening yang bengkak tidak kunjung membaik, segeralah menghubungi dokter untuk bertanya seputar keluhanmu dan menanyakan saran medis yang sesuai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News