Bugar

Makanan yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung, Cek Buah yang Dilarang dimakan

Makanan yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung, Cek Buah yang Dilarang dimakan

MOMSMONEY.ID - Catat daftar makanan yang cocok untuk penderita asam lambung. Selain itu, kenali pula buah-buahan yang tidak cocok dimakan penderita asam lambung.

Penderita asam lambung harus selektif memilih makanan yang aman dan cocok. Salah memilih makanan, asam lambung bisa kumat.

Ada sederet makanan yang cocok untuk dikonsumsi penderita asam lambung dan bisa membantu meringankan gejalanya. 

Penyakit asam lambung adalah gangguan yang ditandai dengan munculnya rasa terbakar pada bagian dada akibat asam lambung yang naik menuju kerongkongan. 

Saat asam lambung naik bisa menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan dan juga mulut. Nyatanya asam lambung dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup dan pola makan sehat. 

Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui sederet makanan yang cocok untuk penderita asam lambung seperti dilansir dari Healthline berikut ini: 

Baca Juga: Ini Manfaat dan Kandungan Pepaya yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

1. Daging tanpa lemak

Makanan yang cocok untuk penderita asam lambung pertama adalah daging tanpa lemak. Sebaiknya memilih daging rendah lemak atau ikan yang mudah dicerna.

Bagi Anda pengidap asam lambung, pilih daging rendah lemak tanpa kulit atau daging-dagingan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar. 

2. Pisang

Makanan yang cocok untuk penderita asam lambung kedua adalah pisang. Anda yang punya penyakit asam lambung juga dianjurkan untuk mengonsumsi pisang secara rutin. 

Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang baik untuk menetralisir asam lambung. Selain pisang, buah-buahan lainnya yang dapat dikonsumsi, yaitu buah pir, apel, dan melon. 

3. Roti

Makanan yang cocok untuk penderita asam lambung ketiga adalah roti. Menurut studi dari Cleveland Clinic, pengidap asam lambung masih boleh mengonsumsi roti. 

Namun, jenis roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandung atau mengandung beragam biji-bijian di dalamnya. 

Baca Juga: Sering Disepelekan! Inilah Gejala Asam Lambung yang Harus Diwaspadai

4. Jahe

Tanaman rempah yang satu ini tidak hanya memberi kehangatan, namun juga dapat mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung. 

Melansir dari Healthline, jahe memiliki kandungan antiinflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit asam lambung. 

5. Oatmeal

Makanan yang cocok untuk penderita asam lambung kelima adalah oatmeal. Oatmeal bisa dikonsumsi karena memberikan rasa kenyang lebih lama. 

Bagi penderita asam lambung, oatmeal dapat mengatasi gejala penyakit dengan menyerap asam lambung, sehingga gejalanya dapat mereda. 

Buah dilarang dimakan oleh penderita asam lambung

Daftar buah yang dilarang dimakan penderita asam lambung ada beragam dan perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya.

Ada beberapa buah pantangan asam lambung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya jika Anda menderita asam lambung. 

Hal ini karena buah-buahan tersebut dapat meningkatkan produksi asam di lambung. 

Jika memiliki penyakit asam lambung, Anda sebaiknya lebih selektif saat mengonsumsi makanan tertentu, termasuk buah-buahan. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah daftar buah yang harus dihindari penderita asam lambung antara lain: 

Baca Juga: Ketahui Ini Sederet Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

1. Apel hijau

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang pertama adalah apel hijau. Apel hijau memiliki rasa lebih asam dibandingkan apel merah.

Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung. 

2. Nanas

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang kedua adalah nanas. Sebagian penderita penyakit asam lambung tidak merasakan kekambuhan gejala setelah makan nanas.  

Tetapi terkadang ada juga pasien asam lambung yang bisa mengalami kekambuhan gejala setelah mengonsumsi buah ini. 

3. Jeruk

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang ketiga adalah jeruk. Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, memang tinggi akan vitamin C. 

Namun, buah ini juga banyak mengandung asam, sehingga dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Pisang yang Tidak Perlu Diragukan Lagi untuk Kesehatan

4. Tomat

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang keempat adalah tomat. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi seperti buah citrus. 

Bagi pengidap asam lambung, tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Selain tomat segar, pengidap juga perlu menghindari berbagai olahan tomat, seperti saus. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter guna mengetahui apa saja buah pantangan asam lambung yang harus Anda hindari. 

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk asam lambung dan daftar buah pantangan yang harus dihindari. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News