HOME, Bugar

Makanan Sehat yang Bisa Membantu Membesarkan Massa Otot

Makanan Sehat yang Bisa Membantu Membesarkan Massa Otot

MOMSMONEY.ID - Olahraga akan membakar banyak kalori, dan kegiatan ini justru bisa mengurangi massa otot bila Anda tidak mengimbanginya dengan asupan gizi yang seimbang. 

Makanan untuk membentuk otot biasanya identik dengan protein. Zat gizi protein memang merupakan zat gizi kunci untuk mencapai tujuan ini, tapi Anda juga memerlukan asupan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

Tentu tidak mudah untuk menyesuaikan jenis dan jumlah makanan yang harus Anda konsumsi. Untuk mempermudah langkah dalam membangun massa otot, memilih makanan yang tepat bisa membantu mempercepat pembentukan massa otot.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk membentuk otot yang bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Sayang Dilewatkan

1. Telur

Telur termasuk makanan sumber protein, lemak, dan zat gizi mikro seperti vitamin B kompleksdan kolin. Yang spesial dari protein telur yakni kualitasnya tergolong tinggi. Ini karena protein telur tersusun atas beragam asam amino, khususnya leusin.

2. Dada ayam

Makanan favorit banyak orang yang satu ini ternyata merupakan pembentuk otot. Satu potong dada ayam rendah lemak sebanyak 100 gram mengandung hampir 30 gram protein.Jumlah ini hampir memenuhi 50% kebutuhan harian orang dewasa.

3. Kacang kedelai

Satu cangkir kedelai panggang mengandung 37 gram protein. Anda juga dapat mengonsumsi kedelai yang sudah diolah menjadi susu, tempe, miso, atau tahu.

Kedelai juga kaya magnesium, yang merupakan nutrisi untuk membantu proses metabolisme energi khususnya jika Anda sering melakukan olahraga angkat beban.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Salmon

Salmon digolongkan sebagai makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot.

Ini karena lemak salmon yang mengandung asam lemak omega-3, yang jika dikombinasikan dengan olahraga teratur dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif.

5. Susu 

Susu sapi ataupun susu kedelai adalah contoh minuman tinggi protein yang sangat baik untuk tubuh.

Dengan kombinasi antara konsumsi susu tinggi protein dan olahraga teratur, tubuh yang kekar dan berotot bukan lagi sebuah angan-angan.

Upaya untuk membentuk otot pasti diawali dengan aktivitas fisik. Tanpa asupan gizi yang cukup, program olahraga Anda justru bisa gagal.

Maka itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan pembentuk otot untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Selanjutnya: Cara Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Kuat Setelah Melakukan Vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News