Bugar

Macam-Macam Makanan Tinggi Purin Ini, Penderita Asam Urat Wajib Hindari!

Macam-Macam Makanan Tinggi Purin Ini, Penderita Asam Urat Wajib Hindari!

MOMSMONEY.ID - Bisa picu asam urat melonjak naik, inilah makanan tinggi purin yang sebaiknya dihindari.

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Asam urat yang berlebihan dapat mengkristal dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai gout, yaitu peradangan sendi yang menyakitkan.

Untuk menghindari serangan gout, penderita asam urat disarankan untuk mengurangi atau menghindari makanan tinggi purin.

Merangkum dari Very Well Health dan Dokter Sehat, berikut adalah daftar makanan tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

1. Jeroan

Jeroan seperti hati, ginjal, dan jantung mengandung purin yang sangat tinggi. Konsumsi jeroan dapat meningkatkan secara drastis kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: Cek Asam Urat Apakah Harus Puasa? Jawabannya Ada di Sini!

2. Daging sapi

Daging sapi merupakan salah satu sumber purin yang tinggi dan dapat memicu kenaikan tajam asam urat dalam darah, terutama bagi mereka yang sudah lama menderita penyakit ini.

3. Daging rusa

Serupa dengan daging sapi, daging rusa juga kaya akan purin dan bisa memperparah peradangan serta memicu serangan asam urat.

Baca Juga: Buah Apa yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat? Inilah Daftarnya!

4. Daging bebek

Daging bebek tetap termasuk dalam kategori makanan tinggi purin. Penderita asam urat harus menghindari makanan satu ini, ya.

5. Udang

Meski kaya akan omega-3, udang memiliki kandungan purin yang tinggi. Konsumsi udang harus dibatasi oleh penderita asam urat untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Ampuh! Inilah Makanan Penurun Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

6. Kepiting

Kepiting memang menyimpan banyak manfaat kesehatan, namun juga tinggi purin. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, penting untuk mempertimbangkan batasan konsumsi kepiting.

7. Ikan tuna

Walaupun ikan tuna dikenal sehat dan bergizi, ikan ini mengandung jumlah purin yang tinggi. Untuk penderita asam urat, penting untuk membatasi konsumsi ikan tuna untuk mengurangi risiko nyeri sendi.

Baca Juga: Awas! Kebiasaan Ini Sebabkan Ambeien yang Sering Terabaikan

8. Ikan sarden

Ikan sarden memiliki kandungan purin yang tinggi dan sering dikonsumsi karena praktis. Namun, bagi penderita asam urat, sangat disarankan untuk mengurangi asupan ikan ini.

9. Ikan herring

Ikan herring biasanya dikonsumsi mentah dan sering disajikan dengan bawang bombai serta acar mentimun. Kandungan purinnya yang tinggi membuat ikan ini harus dihindari oleh penderita asam urat.

Itulah makanan tinggi purin yang sebaiknya dihindari penderita asam urat. Di samping menghindari makanan di atas, penderita asam urat juga disarankan untuk meningkatkan asupan cairan.

Minum air yang cukup bisa membantu merendahkan kadar asam urat melalui ekskresi urine yang lebih efektif.

Selain itu, mengadopsi diet seimbang dengan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan gout.

Buah-buahan seperti ceri dan buah beri kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat.

Selanjutnya: 4 Saham Berikut Direkomendasikan oleh Mandiri Sekuritas untuk 18 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News