HOME, Bugar

Macam-Macam Hormon Bahagia dan Manfaatnya untuk Tubuh di saat Pandemi

 Macam-Macam Hormon Bahagia dan Manfaatnya untuk Tubuh di saat Pandemi

MOMSMONEY.ID - Setiap orang tentu ingin mempunyai mood atau suasana hati yang baik setiap hari. Tapi kondisi pandemi seperti saat ini, kerap membuat pikiran jadi gak karuan. 

Terlebih dalam situasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat seperti saat ini, diperlukan hormon bahagia untuk menjalani aktivitas di rumah. 

Hormon bahagia adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Artinya, selain mencegah memburuknya emosi, hormon bahagia juga merangsang timbulnya zat imunitas. 

Saat hormon bahagia dalam tubuh naik, manusia akan menjadi lebih rileks dan akan lebih mudah mengontrol emosi. Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan mood lewat hormon bahagia yang bisa kamu praktikkan di rumah setiap hari.

Baca Juga: Jahe Merah, Tanaman Ajaib Meningkatkan Imunitas Tubuh di Saat Pandemi

Terdapat beberapa hormon bahagia yang bisa meningkatkan mood dengan cepat. Tip di bawah ini bisa kamu lakukan setiap hari di rumah selama PPKM darurat ini. 

1. Dopamine 

Dopamine adalah neurotransmitter yang dibuat di otak. Pada dasarnya, ia bertindak sebagai pembawa pesan kimia antara neuron. Dopamine disebut juga reward hormone. 

Yakni, rasa bahagia yang akan kamu dapatkan setelah melakukan sesuatu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dopamine: 

- Makan makanan sehat
- Tidur dengan cukup 
- Menyelesaikan tugas atau pekerjaan 

2. Oxytocin 

Oxytocin adalah hormon bahagia yang muncul karena berkomunikasi dengan orang yang kita sayang atau sesuatu yang kita sayangi. Ini menyebabkan kamu merasakan gelombang emosi positif.

Anda bisa dapatkan hormon bahagia ini dengan cara yang sangat sederhana dan dipastikan akan membuatmu lebih rileks. 

- Main bersama hewan kesayangan
- Peluk orang yang disayang
- Memuji orang lain
- Menghubungi teman lama dan menanyakan kabarnya 

Baca Juga: 10 Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

3. Endorphin  

Endorfin penting untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan. Karena manusia secara alami berusaha untuk merasakan kesenangan dan menghindari rasa sakit, kita cenderung melakukan suatu aktivitas jika itu membuat kita merasa baik.

Endorphin bisa didapatkan dengan melakukan hal-hal berikut. 

- Mendengarkan musik atau lagu kesayangan
- Menonton film lucu
- Makan coklat 

4. Serotonin 

Serotonin adalah bahan kimia yang diproduksi sel saraf. Kekurangan serotonin dapat mengakibatkan gangguan mood, seperti kecemasan atau depresi.

Serotonin dianggap sebagai penstabil suasana hati alami. Hal-hal ini bisa memicu serotonin dalam tubuhmu secara alami.  

- Berjemur
- Olahraga teratur minimal 15 menit setiap hari
- Meditasi 

Ingat, jangan biarkan suasana hati yang buruk memengaruhi produktivitas sehari-hari. Nah, coba lakukan cara meningkatkan mood lewat hormon bahagia saat pandemi Covid-19 ya, Moms!

Selanjutnya: 5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News