HOME, Bugar

Macam-Macam Diet Sehat yang Bisa Anda Lakukan di Tahun 2022

Macam-Macam Diet Sehat yang Bisa Anda Lakukan di Tahun 2022

MOMSMONEY.ID - Ada banyak sekali macam-macam diet untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari diet Atkins hingga diet golongan darah.

Macam-macam diet sehat yang ada memang berfungsi untuk menurunkan berat badan dan juga menjaga pola hidup sehat.

Sementara yang lain untuk menambah berat badan, menurunkan kolesterol, memperpanjang angka harapan hidup agar lebih bugar, dan banyak alasan lainnya.

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin! Inilah 9 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Dilansir dari Health Focus dan Mayo Clinic, inilah macam-macam diet sehat yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Diet vegetarian

Diet sehat yang bisa Anda lakukan pertama adalah diet vegetarian. Berbeda dengan diet vegan yang ketat, diet vegetarian masih memperbolehkan konsumsi telur, produk susu, dan madu.

Diet vegetarian juga dinilai ampuh dalam membantu penurunan berat badan. Namun, diet vegetarian juga berpotensi membuat Anda kekurangan nutrisi tertentu, seperti protein dan kolin. 

2. Intermittent fasting

Diet sehat yang bisa Anda lakukan kedua adalah intermittent fasting. Salah satu jenis diet yang terkenal dalam masyarakat adalah intermittent fasting.

Konsep diet ini berpusat pada siklus antara berpuasa dan makan. Diet ini tidak melarang Anda mengonsumsi makan tertentu dan lebih ke mengontrol jam makan Anda.

Misalnya, Anda dapat mengonsumi makanan selama delapan jam dan 16 jam sisanya, Anda akan berpuasa dan tidak boleh mengonsumsi makanan ataupun minuman yang berkalori.

3. Diet ketogenik

Diet sehat yang bisa Anda lakukan ketiga adalah diet ketogenik. Diet ini memiliki tujuan untuk mengurangi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak sehat, 

Diet ketogenik menurunkan berat badan dengan membuat tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energinya.

Mirip dengan diet rendah karbohidrat, Anda berpotensi mengalami ketoasidosis saat diet ini. Konsultasikan ke dokter untuk menyesuaikan apakah diet ini sesuai untuk kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Inilah Sederet Manfaat Diet Buah

4. Diet vegan

Diet sehat yang bisa Anda lakukan keempat adalah diet vegan. Diet vegan tidak memperbolehkan adanya konsumsi produk olahan hewani sama sekali, termasuk telur dan madu.

Diet ini merupakan pola makan yang rendah lemak dan tinggi serat, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, diet vegan juga mengurangi risiko Anda menderita penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

5. Diet mediterania

Diet sehat yang bisa Anda lakukan kelima adalah diet mediterania. Diet Mediterania adalah jenis diet yang terinspirasi dari pola makan masyarakat Eropa Selatan.

Diet Mediterania berfokus pada konsumsi buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, produk gandum utuh, ikan, ayam, keju, yogurt, dan minyak zaitun.

Anda masih bisa mengonsumsi setidaknya empat telur per minggunya, serta anggur merah (red wine) dan daging merah dalam jumlah yang sedikit.

Jenis diet ini membantu menurunkan berat badan dan risiko terkena penyakit.

Itulah macam-macam diet sehat yang bisa Anda lakukan tentunya Anda perlu mencari tahu diet mana yang sesuai untuk Anda.

Pilihlah diet yang bisa dijadikan pola makan sehari-hari dan membuat Anda nyaman untuk menjalani dalam jangka waktu panjang.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menentukan jenis diet mana yang sesuai untuk Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News