Santai

Lunpia Mas Tjondro, Kenikmatan ala Semarang di Kemanggisan

Lunpia Mas Tjondro, Kenikmatan ala Semarang di Kemanggisan

MOMSMONEY.ID - Loenpia atau lunpia yang kini populer dengan sebutan lumpia adalah jajanan populer dari Semarang. Lumpia dikenal luas, hingga banyak pedagang lumpia di pelosok Indonesia, termasuk Ibukota. Tak perlu jauh-jauh, camilan khas Semarang ini bisa kita nikmati di  Kemanggisan, Jakarta Barat.

Jika ingin bertandang ke kedai ini siapkan ponsel untuk mengetahui lokasinya. Maklum, kedai ini berukuran minimalis. Menuju ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan motor ataupun mobil. Pasalnya ada area untuk parkir kendaraan di sekitar kedai. Lokasi kedai lumpia tidak jauh dari Toko Kemanggisan.

Saat bertandang ke kedai ini, tampak banner dengan booth berwarna kuning hijau bertuliskan nama kedai, sejarah, dan menu andalan kedai ini.

Ada dua menu yang bisa Anda coba, lumpia basah dan  goreng. Bedanya hanya pada kulit lunpia. Lumpia basah menggunakan kulit lumpia yang tidak digoreng, sedangkan lumpia goreng kulitnya digoreng. 

Baca Juga: Promo Richeese Juli 2022, Ada Potongan Harga Rp 10.000 Beli Combo Togetherness

Pokoknya di kedai Lunpia Semarang Mas Tjondro ini  kita bisa cocolkan lumpia yang empuk-empuk gurih pada bumbu manis berwarna kecoklatan. Eits..., sebelum mencicipi lumpia ini, Anda harus menunggu sekitar lima menit untuk melahap lunpia gorengnya.

Setelah digoreng, lumpia tebal ini pun disajikan. Bau rebungnya seakan merebak di hidung. Mulut tidak sabar untuk melahap lumpia ini. Kresss... garing dan gurih bercampur saat lumpia mendarat di lidah. Rasanya sama seperti mencicip lumpia di Semarang.

Generasi kelima penerus lumpia Kemanggisan, yang merupakan anak dari Mas Tjondro, yaitu Xena Zevileony, menjelaskan  lunpia yang disajikan memang memiliki citarasa lumpia Semarang. Sebab, semua bahan dipasok langsung dari Semarang. Begitu pun penyajiannya. "Karena ada pesan dari papa, bahwa kita tidak boleh menggunakan bahan dari tempat lain," ujarnya.

Baca Juga: Promo Hotel OYO di PegiPegi Hingga 14 Juli 2022, Diskon Hotel Sampai 55%

Itulah mengapa, lumpia basah maupun goreng di kedai ini memilki citarasa yang sama dengan lumpia di Semarang. Tidak hanya bahan baku, Xena bilang mereka biasa membungkus lumpia bagi pelangan  untuk dibawa (take away), dengan besek.

"Beseknya juga beli dari Semarang," katanya lagi.

Nah, di Jakarta dan sekitarnya, sajian lumpia sudah umum ditemui.  Orang juga menjajakan dengan label lumpia Semarang.  Yang jadi keistimewaan Lunpia Mas Tjondro adalah  semua bahan yang digunakan asli dari Semarang.

Xena menyebut, mulai dari rebung, daun bawang tunggal, hingga besek dikirim dari kota di Jawa Tengah itu. Dalam seminggu, kata Xena dia bisa memesan 8 gentong rebung, 100 bandel besek, dan 3 kilo daun bawang tunggal.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit HSBC, Diskon Tiket Pesawat & Hotel Traveloka Sampai Rp 500.000

Sementara untuk kulit lumpia, Xena menjelaskan  proses pembuatannya sangat mudah dan tak perlu dibeli dari Semarang. Bahan kulit lumpia hanya menggunakan tepung terigu biasa dan air. "Memang beda dengan yang di Semarang, karena di sana ada kampung khusus pembuatan kulit lumpia," ungkapnya.

Kendati kulit lumpia dibuat sendiri,  Xena menjamin bahwa rasanya mampu menandingi lumpia di Semarang. "Takaran dan resepnya sudah diajarkan papa, jadi tidak mungkin kalah dengan lumpia lain," beber Xena sambil menggoreng lumpia.

Untuk satu porsi lumpia dibanderol  Rp 15.000. Isiannya pun cukup banyak. Ini adalah camilan yang  mampu mengenyangkan perut Anda.

Baca Juga: Skor Pengajuan Kredit Buruk? Begini Cara Memperbaiki Skor Kredit

Xena menjelaskan, isian lumpia usaha keluarga ini sudah beberapa kali mengalami perubahan.  "Dari yang awalnya berisi tahu dan tauge, daging non halal, sekarang sudah sangat berbeda," ujarnya.

Saat ini, isian lumpia terdiri dari rebung, telur, dan udang. Rebung sendiri merupakan sayuran yang berasal dari tunas anakan akar bambu. Setelah diiris tipis-tipis, Xena bilang, setiap pagi, dirinya masak kembali rebung menjadi matang untuk disajikan dalam kulit lunpia. Setelah itu, telur orak arik, dan udang kecil juga menjadi isian lumpia. "Biar pelanggan yang makan jadi kenyang," imbuhnya.

Tidak lupa daun bawang tunggal untuk menetralisir bau rebung, dan bumbu manis berupa campuran gula jawa dan air. Agar lebih menyiapkan, Xena juga menyiapkan acar dan cabai rawit hijau. 

Baca Juga: Promo CGV 1-31 Juli 2022, Ada Cashback 50% Transaksi Langsung via GoPay

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News