HOME, Santai

Luna Maya Lakukan Egg Freezing, Apakah Keuntungan dan Risiko Metode Ini?

Luna Maya Lakukan Egg Freezing, Apakah Keuntungan dan Risiko Metode Ini?

MOMSMONEY.ID - Artis Luna Maya kembali menjadi perbincangan karena keputusannya melakukan egg freezing atau pembekuan sel telurnya. 

Banyak orang tentunya dikagetkan dengan keputusannya tersebut. Namun, banyak juga yang belum tahu dengan jelas apakah itu yang dimaksud dengan egg freezing.

Menurut Human Fertilisation & Embryology Authority, egg freezing adalah sebuah metode dimana sel telur pada wanita disimpan dan dibekukan. Sehingga, wanita dapat tetap memiliki anak pada usia berapa pun jika ingin mencobanya.

Baca Juga: Inilah 4 Bagian Tubuh yang Rentan Mengalami Penuaan

Nantinya sel telur pada wanita akan disimpan dan dapat dibekukan hingga kurun waktu paling tidak 10 tahun tergantung pada pilihan yang diberikan oleh dokter.

Jika telah memutuskan untuk melakukan egg freezing, ada baiknya untuk melakukannya pada usia pertengahan usia 20 tahun hingga akhir. Yang nantinya dapat digunakan pada saat usia 30an ke atas.

Hal tersebut dilakukan karena kemungkinan terjadinya proses kehamilan setelah menopause tentunya akan menjadi kecil.

Begitu juga dengan kualitas sel telur pada wanita yang terus menurun seiring dengan pertambahan usianya. Sehingga tak jarang wanita memilih untuk melakukan egg freezing yang masih akan memberikan kemungkinan bagi mereka untuk memiliki anak di usia yang lebih matang.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Mudah Untuk Mencari Ukuran Bra dengan Tepat

Egg freezing sendiri akan menjadi pilihan alternative yang menguntungkan bagi sebagian wanita.

Seperti wanita yang masih mengejar karir dan pendidikan yang sudah direncanakan, permasalahan pribadi seperti belum memiliki pasangan, dalam pengobatan tertentu seperti kanker, dan adanya permasalahan kesehatan organ dan infeksi adalah beberapa alasan yang dilansir dari laman Medical News Today.

Walaupun dikatakan tidak memiliki resiko yang significant, namun prosedur ini juga masih memiliki sedikit resiko kecil yang mungkin dialami oleh pasiennya.

Seperti yang disampaikan pada laman Mayo Clinic, resiko ringan seperti pusing, sakit perut, mual, hingga muntah dan diare adalah resiko yang mungkin dirasakan setelah mengkonsumsi obat-obatan penyubur yang diresepkan.

Selain resiko tersebut, resiko emosional juga mungkin akan didapatkan oleh pasien egg freezing. Walaupun memiliki kemungkinan untuk bisa hamil di kemudian hari, namun tidak ada garansi penuh akan kesuksesan proses tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News