Luar Biasa! Sederet Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 29 September 2022 | 17:25 WIB
Luar Biasa! Sederet Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh


MOMSMONEY.ID - Terong merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari orang. Terong memiliki beragam jenis yang bervariasi dalam ukuran dan warna.   

Berdasarkan jurnal U.S. National Library of Medicine, terong kulit ungu tua adalah yang paling umum. Di luar itu ada juga varian terong lainnya dengan warna merah, hijau atau bahkan hitam.   

Selain teksturnya unik dan rasa nikmat, terong membawa sejumlah manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Belum banyak yang tahu bahwa manfaat terong untuk kesehatan ternyata beragam.  

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi dalam terong yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Sedang Melakukan Program Hamil? Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Anda Konsumsi

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien membuat manfaat terong begitu besar. Selain itu, flavonoid pada terong bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.  

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin.  

Melancarkan pencernaan

Manfaat terong yang kedua adalah membantu melancarkan pencernaan. Terong mengandung banyak serat yang tidak hanya melindungi organ pencernaan, tetapi juga membantu kelancaran pencernaan buang air besar tidak terhambat.

Membantu mencegah kanker

Terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Tidak mengherankan jika salah satu manfaat tersembunyi dari terong ungu adalah mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.  

Baca Juga: Selain Nikmat, Ini 5 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan

Menurunkan berat badan

Manfaat terong dengan kaya serat dan rendah kalori, menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk program penurunan berat badan yang mungkin sedang Anda jalani.   

Serat bergerak melalui saluran pencernaan dan dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori. Setiap 82 gram terong mentah mengandung 3 gram serat dan hanya 20 kalori.  

Mengendalikan kadar kolesterol

Phytotherapy Research menunjukkan bahwa rutin makan terong bisa membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol. Pasalnya, terong kaya kandungan senyawa asam klorogenat. 

Senyawa ini terbukti mampu menurunkan berat badan serta kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah) dalam tubuh.  

Setelah melihat berbagai manfaat terong ungu untuk kesehatan, Anda tentu sudah tidak ragu lagi untuk menambahkannya ke dalam menu harian.

Perhatikan juga cara mengolahnya, agar tidak kehilangan banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER