HOME, Bugar

Luar Biasa! Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Luar Biasa! Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ada beragam keunggulan dan manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang murah hingga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat.

Selain itu, kacang hijau juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi nasi. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan nama ilmiah Vigna radiata L, dikutip dari lifepack.

Ada beragam manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Dengan kandungan lemak yang rendah serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Baca Juga: Cuka Apel Bisa Jadi Obat Herbal untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau dianggap baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, berat badan lahir rendah, atau lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

3. Menurunkan resiko penyakit hati

Hati dapat mengalami kerusakan akibat infeksi virus, konsumsi alkohol, dan sejumlah penyakit. Namun, sebuah studi dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau dapat menurunkan risiko kerusakan pada hati.

Kacang hijau ternyata memiliki efek melindungi hati dari kerusakan akibat peradangan dan penumpukan lemak. Pemberian suplemen kacang hijau juga terbukti mengurangi aktivitas enzim hati yang menjadi penanda adanya kerusakan pada organ ini.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Penyakit Liver

4. Menambah stamina tubuh

Kacang hijau juga dikenal sebagai sumber energi. Ini berkat kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya. Selain itu, jenis karbohidrat ini juga dapat mengatasi rasa lelah dan bisa membuat Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, Anda bisa mulai memasukkan kacang hijau ke dalam menu makanan sehari-hari ya, moms.

Selanjutnya: 5 Penyebab Penyakit Liver yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News