HOME, Bugar

Luar Biasa! Kenali Manfaat Rambutan yang Sangat Baik untuk Kesehatan

Luar Biasa! Kenali Manfaat Rambutan yang Sangat Baik untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Rambutan adalah buah kaya akan karbohidrat yang menyediakan mangan, tembaga, vitamin C, magnesium, dan potasium, dikutip dari Mayo Clinic.

Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, dilansir dari Healthline.

Selain vitamin dan mineral, buah rambutan menyediakan beberapa polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Cara Menerapkan Pola Makan Sehat pada Anak

Secara umum, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat rambutan yang sangat baik untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat buah rambutan yang pertama adalah untuk menurunkan risiko diabetes. Kandungan senyawa fenolik yang ada di dalam kulit rambutan dapat menurunkan kadar gula darah. 

Penelitian tersebut hanya diuji menggunakan tikus bukan terhadap manusia. Untuk membuktikan khasiat dari kandungan senyawa tersebut masih diperlukan pengujian terhadap manusia. 

2. Menjaga sistem imun dalam tubuh

Manfaat buah rambutan yang kedua adalah untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Nutritional Biochemistry jurnal menunjukan bahwa dalam 100 gram buah rambutan memiliki 1,3 – 2 gram serat atau setara dengan jumlah serat yang ada di dalam apel, jeruk, dan buah pir. 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat rambutan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Sekitar setengah dari serat yang ada di dalam daging buah rambutan tidak larut, sehingga dapat langsung melewati usus tanpa perlu dicerna. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Matoa yang Jarang Diketahui

4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah rambutan yang keempat adalah menurunkan berat badan. Kandungan seratnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat menurunkan berat badan. 

Hal ini dikarenakan serat larut dalam rambutan akan membentuk gel di usus. Gel inilah yang memberikan efek kenyang lebih lama, karena dapat memperlambat penyerapan nutrisi dalam usus. 

5. Membuat rambut jadi sehat

Manfaat buah rambutan yang kelima adalah membuat rambut jadi rambut. Rambutan membuat rambut lebih terlihat mewah dan tentunya sehat.

Ini karena buahnya mengandung seng dan protein yang mengarah pada kesehatan dan pertumbuhan rambut yang lebih baik. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Jadi, buah ini tak kalah menyehatkan jika dibandingkan buah-buahan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News