HOME, Bugar

Luar Biasa! Kenali Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh Berikut Ini

Luar Biasa! Kenali Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Daun mint merupakan satu di antara tanaman herbal yang populer serta banyak diminati. Daun mint termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh.

Daun mint biasanya sering dijumpai sebagai bahan campuran pasta gigi, obat kumur, permen, dan aromaterapi. Daun mint memiliki rasa pedas yang khas dan aroma yang menyegarkan.

Di balik sensasi rasanya yang dingin dan menyegarkan, daun mint memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. 

Dalam dunia kedokteran, mentol sering digunakan sebagai obat penenang dan antispasmodic, kandungan yang terdapat dalam obat batuk.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui, antara lain: 

Meredakan asma

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah meredakan asma. Masalah sesak napas seperti asma bisa diringankan dengan daun mint.

Manfaat daun mint untuk kesehatan ini berasal dari kandungan mentolnya. Mentol akan bekerja membuka saluran pernapasan penderita asma. 

Hal ini disebabkan karena mentol bisa berperan sebagai antiinflamasi alami. Lalu bisa mengobati infeksi akibat bakteri di saluran pernapasan, sesak napas, asma, dan flu.

Kaya antioksidan

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah kaya dengan antioksidan. Daun mint memiliki kandungan antioksida yang tinggi.

Antioksidan ini membuat manfaat daun mint untuk kesehatan dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres karena kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. 

Daun mint juga mengandung alkohol perilly yang bisa menghentikan penyebaran kanker. Antoksidan lain, seperti asam rosmarinic mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu. 

Meredakan nyeri

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya sebagai pereda nyeri alami. Ekstrak daun mint bisa digunakan untuk meningkatkan ambang batas nyeri pada manusia. 

Mengonsumsi olahan daun mint, seperti teh, terbukti efektif sebagai pereda nyeri dengan efek seperti aspirin. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

Mengatasi sakit kepala

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang keempat yakni bisa mengatasi sakit kepala. Sakit kepala disebabkan oleh otot-otot kepala yang tegang sehingga sakit yang tidak tertahan. 

Penyakit ini biasanya muncul ketika kita sedang merasa stres atau letih. Sebuah penelitian di Kanada menyatakan penggunaan aroma dari daun mint bisa menjadi solusi. 

Kandungan daun mint serta aromanya yang terapeutik dapat melancarkan aliran darah ke otak dan melemaskan otot yang tegang. 

Menjaga kesehatan rambut

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang terkahir adalah menjaga kesehatan rambut khususnya untuk mengatasi ketombe dan gatal rambut.  

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan merendam daun mint dalam air dan diamkan selama seminggu. Setelah itu gunakan sebagai kondisioner setelah keramas. 

Itulah beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda gunakan dan bisa merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News