Bugar

Luar Biasa! Kenali 5 Manfaat Ganja Medis yang Penting untuk Kesehatan

Luar Biasa! Kenali 5 Manfaat Ganja Medis yang Penting untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat ganja medis untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui dan penting untuk dimengerti.

Akhir-akhir ini legalisasi ganja untuk medis di Indonesia sudah mulai diperjuangkan. Para pejabat DPR juga mulai membahas manfaat ganja untuk kebutuhan medis. 

Faktanya, ganja memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di antaranya bisa menurunkan tekanan darah dan meminimalisir peradangan. 

Selain itu, dilansir dari Medical News Today dan National Institute on Drugs Abuse, inilah beberapa manfaat ganja medis yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Berikut 6 Manfaat Buah Salak buat Kesehatan

1. Mengatasi masalah kesehatan mental

Manfaat ganja medis untuk kesehatan yang pertama bisa mengatasi masalah kesehatan mental. Selain itu, ganja juga bisa mengatasi depresi, bipolar dan stres. 

Adapun, penggunaan ganja medis untuk masalah kesehatan yang disebutkan di atas, tak boleh berlebihan. Sebab, akan meningkatkan dampak lain bagi tubuh. 

2. Mengatasi sakit kronis

Manfaat ganja medis untuk kesehatan yang kedua bisa membantu mengatasi sakit kronis.  

Penelitian dalam jurnal The Health Effects of Cannabis and Cannabinoids, menemukan ganja atau produk yang mengandung cannabinoid, efektif untuk menurunkan rasa nyeri kronis. 

Baca Juga: Ternyata, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Fokus dan Konsentrasi Menurun

3. Mengatasi epilepsi

Manfaat ganja medis untuk kesehatan yang selanjutnya bisa mengatasi epilepsi.  

Menggunakan obat yang mengandung cannabinoid bisa mengobati dua jenis epilepsi langka yaitu sindrom Lennox-Gastaut dan Sindrom Dravet. 

4. Memperlambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat ganja medis untuk kesehatan yang keempat bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sebab, zat aktif dalam ganja bisa mempersempit peluang sel kanker berkembang. 

Namun, beberapa penelitian menyebutkan, tak ada garansi ganja bisa menghilangkan kanker layaknya operasi. Oleh karenanya, penelitiannya masih terus dikembangkan. 

Baca Juga: Ini Sederet Syarat Utama jika Ingin Menjadi Pendonor Darah

5. Memperbaiki gejala sklerosis ganda

Manfaat ganja medis untuk kesehatan yang terakhir bisa memperbaiki gejala sklerosis ganda. Sklerosis ganda adalah penyakit yang memengaruhi otak, mata dan tulang belakang. 

Saat sklerosis memuncak, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan lemak yang melindungi serabut saraf. Ini memicu penurunan koordinasi gerak tubuh sementara, bahkan permanen. 

Itulah beberapa manfaat ganja medis untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui sambil menunggu keputusan terbaru terkait legalisasi ganja medis di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News