Bugar

Luar Biasa, Inilah Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Luar Biasa, Inilah Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh yang sudah tidak diragukan lagi. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat.

Kacang hijau juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan nama ilmiah Vigna radiata L. Manfaat kacang hijau sudah terbukti banyak untuk kesehatan tubuh.

Kacang hijau baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Kacang hijau juga salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan nasi.  Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beragam manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh salah satunya menurunkan kadar kolesterol. Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. 

Dengan kandungan lemak yang rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.  

Baca Juga: Mencegah Kembung, Ini Manfaat Lain Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mengurangi risiko kehamilan bermasalah. Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi. 

Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada janin agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah.  

3. Menurunkan risiko penyakit hati

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit hati. 

Hati dapat mengalami kerusakan akibat infeksi virus, alkohol, dan sejumlah penyakit. Studi dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau dapat menurunkan risiko kerusakan pada hati. 

Baca Juga: WOW, Ini 5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

4. Menambah stamina tubuh

Kacang hijau juga dikenal sebagai sumber energi. Ini berkat kandungan karbohidrat kompleks pada kacang hijau. Selain itu, jenis karbohidrat ini juga dapat mengatasi rasa lelah dan bisa membuat Anda lebih semangat. 

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, Anda bisa mulai memasukkan kacang hijau ke dalam menu makanan sehari-hari ya, Moms. 

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh yang sudah tidak diragukan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News