Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 23 September 2021 | 13:41 WIB
Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

ILUSTRASI. 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Memiliki nama latin Vigna radiata, kacang hijau merupakan jenis tumbuhan kacang polong dengan kandungan protein nabati yang tinggi. Untuk mengonsumsinya, kacang ini diolah ke dalam berbagai macam bentuk, khususnya bubur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Tidak hanya itu, tumbuhan ini sering dimanfaatkan kecambahnya untuk dijadikan tepung sehingga menjadi salah satu tanaman dengan sejuta manfaat selain kacang tanah dan kedelai.

Sementara itu, kandungan kacang hijau lainnya seperti protein, serat, dan vitamin, bisa memberikan manfaat untuk ibu berupa asupan antioksidan hingga melancarkan pencernaan. 

Selain itu, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga berguna untuk menjaga kesehatan secara umum. Sebab, kacang hijau mengandung vitamin C. Ada beragam manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang dilihat dari kandungan vitamin dan nutrisi sebagai berikut.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Manfaat Pare untuk Ibu Hamil Sungguh Luar Biasa

1. Membantu perkembangan otak bayi

Salah satu zat di dalam kacang hijau ini adalah thiamin, yang dikenal juga dengan nama vitamin B1. Manfaat utama dari thiamin adalah mengubah karbohidrat menjadi energi. Meski Anda sedang hamil, mencukupi kebutuhan thiamin sangat membantu menjaga kesehatan bayi Anda ketika lahir.

Selain berperan dalam menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung pada ibu hamil, fungsi thiamin juga penting dalam membantu perkembangan otak bayi.

2. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang satu ini didapat dari kandungan folat. Folat sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Apabila ibu kekurangan folat, bayi berisiko terlahir dengan kondisi anencephaly, yang membuat bagian-bagian penting dari otak, tidak terbentuk dengan sempurna.

Tidak hanya asam folat, vitamin B1 juga mendukung perkembangan otak bayi. Utamanya, vitamin B1 membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

3. Mencegah cacat lahir pada bayi

Asam folat yang terkandung dalam kacang hijau sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, sehingga sering disebut-sebut sebagai zat pahlawan bagi ibu hamil.

Konsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari sebelum dan selama masa kehamilan akan membantu mencegah bayi terlahir dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Baca Juga: Jangan Coba-Coba, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Ibu Hamil

4. Mencegah bayi lahir berat rendah dan lahir prematur

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang tidak kalah penting yaitu sebagai sumber zat besi. Ibu hamil seharusnya mendapatkan zat besi tambahan untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, terutama pada kehamilan usia trimester kedua dan ketiga.

Kekurangan zat besi pada masa kehamilan akan meningkatkan risiko terjadinya bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur dan kematian bayi. Sepanjang masa kehamilan, ibu hamil memerlukan zat besi lebih banyak, yaitu sekitar 25 mg per hari.                    

5. Mencegah diabetes gestasional

Antioksidan berupa flavonoid yang terdapat pada kacang hijau dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti gangguan jantung dan diabetes. Sebagai contoh, ibu hamil yang mengalami diabetes saat hamil atau diabetes gestasional, berisiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan berat badan sangat berlebihan. 

Kondisi ini membuat bayi rentan terkena berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, kesehatan jantung semakin terpelihara karena kacang hijau tinggi flavonoid dan vitamin B.

Selanjutnya: Kenali 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Editor: Helvana Yulian
Terbaru