HOME, Bugar

Luar Biasa! Buah Ara Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

 Luar Biasa! Buah Ara Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah ara atau buah tin (Ficus carica) memiliki rasa yang manis. Jika dilihat sekilas, buah ini tampak mirip dengan buah delima. Namun, kulit buahnya berwarna ungu atau hijau, sedangkan daging buahnya berwarna merah. Buah yang berasal dari timur tengah ini cukup umum dikonsumsi di Eropa dan Amerika.

buah Ara juga mengandung beragam mikronutrien, seperti vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin. Namun, kandungan buah ara kering biasanya mengandung jumlah kalori yang lebih banyak, dikutip dari Healthline. 

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan manfaat buah ara karena memang jarang ditemukan di supermarket ataupun pasar. Tidak ada salahnya mencoba buah yang namanya dikenal oleh hampir seluruh agama besar di dunia untuk merasakan manfaat kesehatannya. Berbagai manfaat buah ara untuk kesehatan tubuh sebagai berikut.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Bronkitis yang Harus Anda Ketahui

1. Baik untuk rambut

Ingin rambut yang lebat dan lembut? Anda bisa menggunakan shampo, conditioner, ataupun masker rambut yang berbahan dasar buah ara. Buah ara diyakini mampu melembutkan dan menguatkan rambut, serta mendukung pertumbuhan rambut.Hal ini karena buah ara memiliki kandungan tembaga dan seng yang dapat mencegah kerontokan rambut dan mempercepat perbaikan folikel rambut.

2. Memecah protein makanan dan memelihara kesehatan otak

Kandungan vitamin B6 dalam buah ara merupakan vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh memecah protein makanan. Vitamin tersebut juga memainkan peran penting dalam memelihara kesehatan otak, sehingga daya ingat dan tingkat fokus Anda lebih terjaga. 

3. Mencegah kanker

Manfaat buah ara bukan hanya baik untuk pencernaan, tapi juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus. Buah tin mengandung antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel akibat terpapar radikal bebas. Bukan hanya dari buahnya, manfaat buah ara untuk mencegah kanker juga didapat dari ekstrak daunnya. Namun, khasiat buah ara untuk mencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Memelihara kesehatan pembuluh darah dan jantung 

Satu studi dari jurnal Pharmaceutical Biology menemukan bahwa manfaat buah ara dapat menurunkan tekanan darah pada tikus ke batasan normal. Penelitian pada hewan juga menunjukkan adanya peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Buah ara mengandung kalsium, kalium, dan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Jika dikonsumsi bersama dengan makanan tinggi kalsium dan vitamin D, buah ara baik untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

 Baca Juga: Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Buah ara bisa Anda konsumsi secara rutin atau ditambahkan ke dalam menu makan sehari-hari. Namun, hindari mengonsumsi buah ara secara berlebihan, terutama bila Anda memilki penyakit tertentu, seperti diabetes.

Selanjutnya: 5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Muntaber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News