HOME, Bugar

Luar Biasa! 5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh

Luar Biasa! 5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Manfaat air garam untuk kesehatan yang sayang dilewatkan. Kumur dengan air garam selama ini mungkin telah sering dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan, infeksi virus pernapasan seperti salesma atau infeksi sinus. Tapi pada dasarnya, aktivitas ini juga punya manfaat lainnya. 

Selain digunakan untuk penyedap makanan, garam ternyata bisa diolah menjadi ‘ramuan’ yang memberikan beragam manfaat sehat. Bahkan, khasiat garam bagi kesehatan telah terbukti lewat penelitian.

Kumur dengan garam diyakini dapat juga membantu meredakan gejala alergi dan masalah ringan lainnya. Garam telah terbukti secara ilmiah bisa membantu mengeluarkan air dari jaringan mulut sekaligus menciptakan penghalang yang dapat mengunci air dan patogen berbahaya agar tidak masuk kembali, dikutip dari Health Club.

Baca Juga: Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

 Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat air garam untuk kesehatan tubuh.

1. Detoksifikasi tubuh

Air garam yang berasa asin ternyata memiliki kemampuan antibakteri. Jika Anda mengonsumsi air garam, efek yang ditimbulkannya adalah mengurangi racun dan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh. 

2. Menjaga kesehatan gigi 

Air garam dapat mengeluarkan air dan bakteri sekaligus melindungi gusi. Jadi kumur dengan air garam mungkin efektif untuk meningkatkan kesehatan gusi dan gigi. Aktivitas ini juga dapat membantu mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

Sebuah catatan penelitian pada 2010 menemukan bahwa kumur air garam setiap hari dapat membantu menurunkan jumlah bakteri berbahaya yang ditemukan dalam air liur. 

3. Mengatasi sakit tenggorokan

Kumur dengan air garam bisa menjadi cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Dilasir dari Healthline, kumur air garam bisa sangat efektif membantu mengatasi sakit tenggorokan ringan yang disebabkan oleh salemsa atau flu. Untuk sakit tenggorokan cukup parah, kumur air garam bisa dilakukan, tapi Anda tetap perlu konsumsi obat acetaminophen atau ibuprofen.

4. Menghilangkan sariawan 

Sama halnya dengan sakit tenggorokan, kumur air garam diyakini dapat pula meredakan sariawan. Air garam dapat bekerja dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka ini.

Baca Juga: Tanaman Herbal ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

5. Mengurangi nyeri tenggorokan

Nyeri tenggorokan bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Hal tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman, dan seperti ada yang mengganjal saat menelan. 

Sebagai solusi dari nyeri tenggorokan, Anda bisa berkumur menggunakan air garam secara berkala. Para dokter pun sering mengedukasi pasiennya untuk berkumur dengan air garam ketika menderita radang tenggorokan. 

Itulah beberapa manfaat air garam untuk tubuh. Apakah Anda tertarik untuk merasakan ragam manfaat air garam untuk kesehatan? Jika ya, tetap ingat untuk tidak berlebihan menggunakan atau mengonsumsi air garam.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News