Santai

Lolos 8 Besar, Argentina Jadi Raja Adu Penalti di Piala Dunia

Lolos 8 Besar, Argentina Jadi Raja Adu Penalti di Piala Dunia

MOMSMONEY.ID - Piala Dunia FIFA World Cup Qatar 2022 telah memasuki fase baru dengan sistem gugur. Saat ini, tim yang tersisa tengah berjuang di babak 16 besar untuk bisa masuk ke babak 8 besar. Argentina, lolos ke 8 besar sekaligus mencetak rekor jadi raja adu penalti di Piala Dunia. 

Di fase 16 besar hingga final, semua pertandingan wajib memiliki pemenang. Jadi saat skor imbang, maka adu penalti adalah pilihan yang harus diambil. Perlu diakui, adu penalti adalah bagian yang paling menegangkan dalam pertandingan. 

Baca Juga: Hasil Piala Dunia Argentina vs Australia di 16 Besar, Argentina Maju Lawan Belanda

Adu penalti diambil saat skor imbang sampai waktu pertandingan selama 90 menit habis ditambah 30 menit babak perpanjangan waktu habis. Melansir FIFA, adu penalti tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya di 1994 dan 2006 masing-masing membuat Brazil dan Italia jadi juara karena adu penalti. 

Soal adu penalti, Argentina tak bisa disepelekan begitu saja. FIFA mencatat Argentina saat ini jadi raja adu penalti. Selama Piala Dunia, Argentina telah melakukan adu penalti lima kali, dengan 4 kemenangan. 

Berikut catatan Argentina Raja Adu Penalti

  • Argentina vs Belanda di semi-final Piala Dunia 2014, menang 4-2
  • Argentina vs Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 1998, menang 4-3
  • Argentina vs Italia di semi-final Piala Dunia 1990, menang 4-3
  • Argentina vs Yugoslavia di perempat final Piala Dunia 1990, menang 3-2
  • Argentina vs Jerman di perempat final Piala Dunia 2006, kalah 2-4

Di urutan kedua, adu penalti yang harus diperhatikan adalah tim Brazil. Sebelum laga 16 besar di Piala Dunia 2022 lawan Korea Selatan semalam, Brazil menang 3 kali adu penalti. 

Baca Juga: Jadwal Lengkap 8 Besar Piala Dunia 2022, Jangan Sampai Terlewat

Kemenangan pertama Brazil pada final Piala Dunia 1994 lawan Italia 3-2. Brazil juga menang atas Belanda di semi-final Piala Dunia 1998 dengan skor 4-2. Terakhir lawan Chili di babak 16 besar Piala Dunia 2014 dengan skor 3-2. 

Demikian ulasan mengenai Argentina, raja adu penalti selama di Piala Dunia. Selain Argentina dan Brazil, ada Kroasia dengan dua kemenangan adu penalti lawan Rusia dan Denmark di Piala Dunia 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News