Lihat Fasilitas Sebelum Ajukan Kredit Kendaraan

Reporter: Dikky Setiawan
Jumat, 02 Juli 2021 | 15:11 WIB
Lihat Fasilitas Sebelum Ajukan Kredit Kendaraan

ILUSTRASI. Sebelum mengajukan kredit kendaraan bermotor, Anda harus melakukan komparasi kelebihan dan kekurangan dari fasilitas masing-masing leasing dan bank./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/06/2020.

MOMSMONEY.ID -Hi momSecara prinsip, baik bank maupun leasing memiliki konsep dan peran serupa dalam skema kredit kendaraan bermotor. Bank dan leasing menyediakan dana talangan, saat Anda ingin membeli kendaraan melalui kredit. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan kredit kendaraan bermotor.

Pertama, menurut Widya Yuliarti, perencana keuangan dari Finansialku, Anda harus menentukan tujuan terlebih dahulu dalam mengajukan kredit kendaraan. Pastikan, kendaraan yang akan Anda beli lewat kredit benar-benar memang dibutuhkan oleh keluarga dan bukan sekadar untuk menunjang hasrat gaya hidup.

Kedua, sesuaikan kebutuhan dengan bujet. Menurut Widya, saat membeli kendaraan secara kredit, orang harus melihat kemampuan mereka membayar angsuran.

"Kalau kemampuan bayar cicilan hanya cukup untuk kendaraan seharga Rp 200 juta, jangan memaksakan kredit mobil yang harganya lebih dari itu," katanya.

Baca Juga: Meski kasus corona melonjak, multifinance masih optimistis mengejar target

Ketiga, perhatikan jangka waktu kredit. Menurut Widya, semakin pendek tenor kredit, semakin baik. Sebab, yang namanya utang memiliki beban emosional. Karena itu, Widya menyarankan, agar porsi cicilan kredit per bulan tidak lebih 30% dari total penghasilan bulanan.

Freddy Pieloor, perencana keuangan dari MoneyNLove Planning & Consulting menambahkan, sebelum mengajukan kredit kendaraan bermotor, Anda harus melakukan komparasi kelebihan dan kekurangan dari fasilitas masing-masing leasing dan bank.

"Hubungi pihak leasing dan bank masing-masing tiga perusahaan. Bandingkan keunggulan fasilitas kredit yang ditawarkan," katanya.

Menurut Freddy, hal utama yang perlu diperhatikan calon nasabah adalah soal persyaratan, biaya administrasi, biaya provisi, beban bunga per bulan atau per tahun, biaya asuransi, biaya penalti dan fasilitas lainnya. Intinya, cari fasilitas yang memberikan nilai ekonomis buat Anda.

Selanjutnya: Kelebihan dan Kekurangan Kredit Kendaraan Lewat Bank dan Leasing

 

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru