Santai

Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Destinasi Wisata ala Sandiaga Uno

Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Destinasi Wisata ala Sandiaga Uno

MOMSMONEY.ID - Libur sekolah sudah mulai berlangsung. Momen liburan ini pun bisa menjadi kesempatan untuk berlibur atau bersantai dengan keluarga. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun turut memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh keluarga.

Mengingat populasi masyarakat Indonesia banyak di pulau Jawa. Dia pun memperkirakan masyarakat yang berada di Jawa akan berlibur di dekat lokasi mereka tinggal. "Sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka menyikapi harga pesawat yang mahal," ujar Sandiaga dikutip dari keterangan resmi, Rabu (29/6).

Nah, menurut Sandiaga bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi  Jabodetabek, tiga destinasi andalan yang bisa dikunjungi yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, serta Taman Margasatwa Ragunan.

Di sekitar Jawa Barat bisa mengunjungi Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik. Kabupaten Pangandaran, yang memiliki sejumlah objek pemandangan alam seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, Pantai Batu Hiu. Kabupaten Garut, juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan seperti Kawasan Wisata Cipanas, Pantai Santolo.

Yang berada di Jawa Timur bisa mengunjungi Bromo. Jawa Tengah ada Candi Borobudur, Desa Wisata Candirejo, Desa Wisata Dieng Kulon, dan lainnya. Sementara D.I Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO).

Baca Juga: Ketahui 3 Manfaat Kandungan Camu-Camu untuk Mengatasi Masalah Kulit

Untuk Sumatra terdapat Desa Wisata Hilisimaetano, Nias Selatan yang bisa dijadikan pilihan untuk memperdalam pengetahuan budaya.

Tak hanya di wilayah tersebut, destinasi wisata super prioritas yang bisa dijadikan pilihan ada Mandalika, Sumbawa, dan Likupang.

Lebih lanjut, Sandiaga berpesan masyarakat yang akan berlibur tetap menjaga kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19. Dia mengingatkan agar protokol kesehatan dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2022.

“Kita harus tetap mengingatkan tentang kewaspadaan terhadap kenaikan angka penularan Covid-19. Jadi tetap berwisata namun dengan penuh kewaspadaan dengan protokol yang ketat dan disiplin. Jangan sampai euforia libur sekolah kita lupa menerapkan standar protokol kesehatan yaitu CHSE yang ketat pada destinasi, akomodasi, dan atraksi wisata,” katanya.

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan agar tour leader selalu memastikan keamanan dan keselamatan wisatawan yang melakukan perjalanan wisata menggunakan bus pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News