Santai

Lengkapi Dosis Vaksinasi, Masyarakat Bisa Pakai Vaksin Apa Saja

Lengkapi Dosis Vaksinasi, Masyarakat Bisa Pakai Vaksin Apa Saja

MOMSMONEY.ID - Virus Covid-19 masih terus bermutasi dan menyerang manusia hingga saat ini. Kementerian Kesehatan pun menyarankan agar masyarakat segera melengkapi dosis vaksinasi Covid-19. Kini, masyarakat pun sudah bisa menggunakan jenis vaksin apapun yang tersedia baik untuk vaksinasi dosis primer maupun booster.

“Intinya dosis 1, 2, 3, 4  bisa pakai vaksin apapun. Kalau booster tetap 6 bulan jaraknya,” ujar Juru Bicara (Jubir) Kemenkes Mohammad Syahril dikutip dari situs Kemenkes.

Adapun, Kemenkes melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit meminta kepada seluruh kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kepala dan direktur rumah sakit, serta pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan untuk memfasilitasi pemberian vaksin Covid-19 di wilayahnya.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

Syahril melanjutkan, penguat atau booster perlu diberikan untuk meningkatkan titer antibodi guna proteksi jangka panjang. Pasalnya, dari laporan hasil uji klinis dari berbagai platform vaksin Covid-19, secara umum titer antibodi (kekebalan/imunitas) individu setelah enam bulan dari imunisasi yang kedua akan menurun.

Bukan hanya itu, sampai saat ini, dia jug amengatakan masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dosis primer yang lengkap. Ada juga masyarakat yang sudah mendapatkan dosis primer tetapi belum melakukan vaksinasi booster. Menurutnya, tujuan dari penggunaan berbagai jenis vaksin yang tersedia ini adalah untuk mempermudah masyarakat melengkapi dosis vaksin Covid-19/

Syahril juga mengatakan bahwa pada prinsipnya vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia pada saat ini dan dapat diberikan menggunakan platform vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA atau NIE dari Badan POM.

“Untuk itu bagi masyarakat yang belum melengkapi dosis primer dan dosis lanjutan atau booster maka dapat diberikan vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan vaksin yang tersedia,” katanya.

Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan vaksin dosis pertama atau dosis booster, Anda bisa mendapatkannya melalui fasilitas pelayanan kesehatan maupun pos pelayanan vaksinasi terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News