Santai

Lebih Mudah dan Cepat, Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Kereta Bandara Menuju YIA

Lebih Mudah dan Cepat, Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Kereta Bandara Menuju YIA

MOMSMONEY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk menggunakan kereta bandara ketika ingin mengakses Yogyakarta International Airport (YIA).

Menurutnya, angkutan massal ini dibangun pemerintah untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan masyarakat dari dan menuju bandara. Menurutnya, semua orang pun bisa memanfaatkan angkutan ini.

“Ada ibu berumur 91 tahun dan mahasiswa yang ikut naik kereta bandara. Semua orang bisa mengakses dan memanfaatkan kereta bandara. Semoga semakin banyak bandara yang memiliki integrasi antarmoda,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/4).

Adapun,  Kereta Bandara YIA melakukan perjalanan sebanyak 21 kali pulang pergi dalam satu hari. Stasiun yang dilewati antara lain Stasiun Wates dan Stasiun Yogyakarta.

Bila dibandingkan, waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA  menggunakan kendaraan darat akan mencapai sekitar 90 menit. Sementara, menggunakan KA Bandara YIA, waktu tempuhnya hanya sekitar 40 menit.

Baca Juga: DAMRI Pindahkan Titik Keberangkatan Layanan Angkutan Bandara Rute Serang-Soetta

Budi juga menyebut YIA telah memiliki integrasi antar moda yang sangat baik, karena memiliki memiliki akses transportasi yang beragam seperti bus Damri dan kereta bandara.

Tak hanya itu, Budi menambahkan bahwa  Yogyakarta International Airport akan merepresentasikan Yogyakarta dan Indonesia di mata dunia, mengingat ada berbagai hal yang tersedia, mulai dari instalasi seni, pertunjukan kesenian, musisi, seniman tari, hingga produk-produk lokal unggulan. 

Saat ini YIA melayani 14 rute domestik dan 2 rute internasional. Pada angkutan lebaran lalu, di YIA terdapat 1.652 penerbangan. Angka tersebut naik dibanding 2023 sebesar 1.615. Adapun jumlah penumpangnya terhitung 240.648 orang. Angka tersebut naik dibanding 2023 sebesar 231.816.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News