Santai

Layani Pemudik Pengguna Mobil Listrik, PLN Siagakan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia

Layani Pemudik Pengguna Mobil Listrik, PLN Siagakan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia

MOMSMONEY.ID - Para Moms yang ingin mudik dengan keluarga dengan mobil listrik, jangan khawatir kehabisan daya. Pasalnya, PT PLN (Persero) telah menyiagakan 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, ddi masa mudik Lebaran tahun ini, PLN bersama para mitra memastikan SPKLU dalam kondisi siap melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit. Bahkan, khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/3).

Adapun, PLN telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua. Seperti tol Trans Sumatra-Jawa yang akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.

Menurut Darmawan, PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut. Seperti di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km.

"Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendaraan listrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," tambah Darmawan.

Baca Juga: Bikin Makin Hemat Saat Ramadan, Coba Atur Keuangan Pakai Kakeibo!

Darmawan juga mengatakan, selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan stand by selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar.

Bahkan PLN juga telah menyiapkan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

"Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan bekerja sama dengan para mitra. Terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah tersedia," jelas Darmawan.

Selain itu PLN juga menyiagakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik. Titik-titik lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU tersebut bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News