HOME, Bugar

Latihan Sederhana untuk Kesehatan Paru-Paru dan Jantung

Latihan Sederhana untuk Kesehatan Paru-Paru dan Jantung

MOMSMONEY.ID - Salah satu organ vital pada tubuh yang bekerja tanpa henti adalah jantung. Ia memiliki peran dan tugas yang sangat penting untuk keberlangsungan organ-organ tubuh lainnya, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.

Maka itu, memang seharusnya kesehatan jantung sangat diperhatikan dengan pemeliharaan yang berkelanjutan supaya terhindari dari penyakit. 

Fungsi jantung akan mudah rusak jika kamu tidak menjaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan sebenarnya sangat sederhana jika kamu jadikan kebiasaan dalam hidup.

Jika kebiasaan sehat ini kamu peliharan dan konsisten lakukan, maka kesehatan jantung pun akan terjaga. 

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Organ Dalam

1. Berenang

Jenis olahraga kardio ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kinerja jantung tanpa membebani persendian Anda. Pasalnya, air akan membantu tubuh untuk mengambang sehingga tidak membebani persendian.

Jika Anda tidak bisa berenang, gunakan papan kickboard dan gerakkan kaki Anda mengitari kolam renang. Cara ini bukan hanya melatih kekuatan otot kaki, namun juga baik untuk otot perut Anda.

2. Jalan kaki (termasuk jalan cepat)

Berjalan kaki mungkin termasuk salah satu olahraga kardio yang mudah dan murah. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.

Bahkan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari saja sudah terhitung sebagai usaha untuk menyehatkan jantung dan paru-paru Anda.

Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk melakukannya selama 30 menit tanpa henti dan setiap hari supaya manfaatnya optimal. Jika Anda ingin tantangan lebih, cobalah mempercepat langkah Anda agar lebih banyak berkeringat.

3. Lompat tali

Kapan terakhir kali Anda bermain lompat tali? Mungkin ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Kini saatnya Anda kembali mengambil tali dan melompat sebanyak-banyaknya untuk memenuhi target 150 menit per minggu dengan cara yang mudah dan murah. 

Baca Juga: Cara Alami Mengobati Bronkitis yang Perlu Anda Ketahui

4. Naik tangga

Mungkin sudah saatnya Anda melupakan lift di kantor dan menggantinya dengan naik tangga. Kegiatan sederhana ini termasuk cara yang efektif untuk memompa jantung dan membuat Anda berkeringat.

Apabila kantor Anda berada di lantai yang sangat tinggi (misalnya, di atas 20), Anda tidak perlu memaksakan diri untuk langsung naik tangga sampai ke kantor Anda.

Anda bisa melatih diri secara bertahap, contohnya mulai naik tangga dari lantai 10 ke atas. Yang jelas, sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda.

5. Bersepeda

Masyarakat kini makin sadar pentingnya mengurangi polusi kendaraan demi lingkungan yang lebih baik. Tak heran jika gerakan bersepeda ke tempat kerja (bike to work) kini semakin banyak digemari.

Jika bersepeda ke kantor tidak memungkinkan bagi Anda, silakan sisipkan kegiatan bersepeda dalam rutinitas Anda. Misalnya, Anda bisa bersepeda ke pasar, mini market, maupun mengantar anak ke sekolah.

Selanjutnya: Buah Leci Ampuh Menangkal Radikal Bebas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News