HOME, Santai

Lark, Alternatif Pengganti Google Meet Tanpa Batasan Waktu Video Conference

Lark, Alternatif Pengganti Google Meet Tanpa Batasan Waktu Video Conference

MOMSMONEY.ID - Google Meet menjadi platform yang sangat populer digunakan untuk rapat virtual. Namun, pembatasan durasi selama satu jam bagi pengguna gratis tidak cukup menguntungkan. 

Google meet juga memiliki kelemahan tidak dapat menyimpan banyak data ketika video diakhiri. Hal ini cukup merepotkan bagi kelompok kerja yang secara berkala mengadakan video conference. Nah, Lark mungkin bisa menjadi alternatif software untuk video conference.

Apa Itu Lark?

Lark adalah sebuah software untuk smartphone dan PC yang di dalamnya terdapat fitur berbagi pesan, panggilan suara dan video, hingga berbagi dokumen untuk editing bersama. Berbeda dengan Google Meet, software ini disediakan gratis dan tanpa pembatasan penggunaan. Pemasangannnya pun tidak memerlukan spesifikasi PC khusus. 

Lark dikembangkan oleh Lark Technologies Pte. yang ada di Singapura. Dukungan banyak bahasanya membuat software ini mulai ramai peminatnya dari seluruh dunia. Lalu, apa saja kelebihannya?

Baca Juga: Kembali Bekerja dari Rumah? Lakukan Aktivitas Ini Agar Tetap Sehat

Fitur-Fitur Lark

Program aplikasi ini umumnya digunakan oleh para pekerja selama WFH. Hal itu karena Lark memiliki fitur-fitur yang sesuai untuk tim kerja. Meskipun begitu, sebenarnya Lark juga mumpuni untuk kegiatan belajar online

Mengirim Pesan

Fitur mengirim pesan barangkali bukan menjadi sesuatu yang istimewa, namun tetap saja fitur ini penting dan harus ada. Dalam software Lark, pengguna dapat saling mengirim pesan. Dalam fitur lain yang hampir sama, pengguna Lark dapat mengirimkan email melalui software ini. 

Selain mengirim pesan antar personal, pengguna juga dapat mengirim pesan bersama-sama seolah sedang mengomentari sebuah laman yang dibagi bersama. Uniknya, pesan yang kita kirimkan masih tersimpan dan bisa dicari walaupun sudah cukup lama dikirimkan. 

Berbagi Dokumen

Di beberapa platform serupa kita dapat membagikan tangkapan layar untuk kegunaan presentasi. Pada software Lark, pengguna tidak hanya dapat membagikan tampilannya tetapi juga dapat berbagi file yang dapat disunting bersama.  

File yang telah diolah dalam Lark dapat disimpan pada penyimpanan cloud yang telah disediakan. Secara gratis pengguna dapat memanfaatkan penyimpanan sebesar 200 gigabyte. Penyimpanan ini dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan data ketika rapat virtual mendadak mati. 

Baca Juga: Kalau Mau Usir Jenuh, Tonton SnackVideo Bisa Dapat Duit

Panggilan Video

Tidak ada pembatasan jam panggilan video di software Lark. Pengguna dapat menyalakan Lark hingga lebih dari delapan jam secara terus menerus. Kelebihan inilah yang membuat Lark banyak digunakan. 

Jumlah anggota panggilan yang dapat disatukan juga sangat banyak, yaitu 350 akun. Beberapa akun bisa menjadi admin dan co-admin secara bersama-sama. Yang paling istimewa, panggilan video Lark sangat stabil dan real-time

Kalender

Di dalam Lark terdapat calender yang bisa ditandai dengan jadwal pengguna. Fitur ini penting untuk memanajemen jadwal rapat atau jadwal sekolah online. Pada jadwal yang diatur pengguna sudah bisa langsung membuat meeting room untuk digunakan.

Itulah software Lark yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti Google Meet. Sebelum menggunakan secara gratis, pastikan untuk membuat akun terlebih dahulu.

Selanjutnya: Mencermati Rustic Wedding Ala Gwen Stefani dan Blake Shelton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News