Laptop Panas Karena Over Heat? Berikut Ini Cara Mendinginkannya Kembali

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 25 November 2021 | 07:07 WIB
Laptop Panas Karena Over Heat? Berikut Ini Cara Mendinginkannya Kembali

ILUSTRASI. Membersihkan laptop secara teratur juga dapat menjaga performa laptop secara keseluruhan.

MOMSMONEY.ID - Laptop merupakan perangkat yang paling sering digunakan terutama pada masa yang serba online ini. Hampir semua kegiatan membutuhkan peran laptop untuk menunjang proses browsing internet.

Menggunakan laptop juga tak boleh sembarangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan laptop agar terhindar dari kerusakan karena over heat atau terlalu panas.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat laptop terhindar dari over heat.

Baca Juga: Kucing Anda suka Berbaring di Atas Laptop? Mungkin Ini Alasannya

Menggunakan laptop cooler

Peralatan yang satu ini bisa digunakan untuk menjaga kondisi laptop tetap dingin dan terhindar dari overheat. Cara penggunaannya pun juga mudah, yaitu hanya dengan meletakkan laptop cooler pada bagian bawah laptop sebagai alas. 

Gunakan alas meja

Ada baiknya untuk menggunakan laptop pada alas yang datar dan memudahkan udara pada laptop berganti, seperti meja tentunya. Hindari menggunakan laptop pada alas yang membuat udara sirkulasi laptop menjadi susah seperti di kasur maupun bantal.

Bersihkan secara rutin

Membersihkan laptop secara rutin juga disarankan oleh laman Tech Guided untuk menjaga kondisi laptop dari resiko overheat. Debu dan kotoran yang terperangkap dalam saluran sirkulasi dalam laptop juga bisa menjadi resiko laptop rentan mengalami overheat.

Baca Juga: Ini Cara Gampang Mendownload Video Youtube Melalui Savefrom.net

Hindari dari program berat

Hindari menggunakan program, aplikasi, atau web yang membutuhkan usaha keras dari laptop untuk bekerja lebih keras. Seperti yang dilansir dari laman Bussiness Insider, menggunakan program yang melebihi limit kerja dari CPU pada laptop bisa membuat laptop menjadi cepat panas.

Perawatan rutin

Selain membersihkan laptop, perawatan rutin seperti pengecekan baterai atau charger laptop dan kipas laptop juga harus rutin dilakukan. Perangkat keras pada laptop bisa saja perlu untuk diganti yang baru karena sudah tidak mampu untuk bekerja maksimal seperti pada kondisi awal. Yang tentunya bisa mempengaruhi limit kerja dari CPU laptop.

 

Selanjutnya: Sebelas Kendaraan Rampasan Kasus Korupsi Jiwasraya Terjual, Negara Raup Rp 61 Miliar

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru