HOME, Hemat

Laporkan Masalah Covid-19 di Lingkungan Anda dengan Aplikasi Qlue

Laporkan Masalah Covid-19 di Lingkungan Anda dengan Aplikasi Qlue

MOMSMONEY.ID - Qlue dapat menjadi solusi untuk menyalurkan kritik atau laporan jika ada masalah tertentu di sekitar tempat tinggal, termasuk mengenai Covid-19. Setelah laporan dimasukkan, maka pihak terkait akan segera menangani.

Qlue bekerja seperti media sosial, namun terhubung pada pihak-pihak yang berwenang. Pelapor harus mengunggah foto atau video dan disertai keterangan laporan. Tenang, identitas pelapor akan dijamin kerahasiaanya. 

Sejarah Qlue 

Aplikasi Qlue telah ada sejak tahun 2014. Ketika itu, Qlue berdiri bersamaan dengan Jakarta Smart City. Namun, setahun setelah itu Qlue resmi berdiri sendiri sebagai aplikasi smart city yang mencakup seluruh kota di Indonesia. Kini, sejak tahun 2020 yang lalu, Qlue berfokus pada penanganan penyebaran pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Qlue pada dasarnya merupakan sebuah medium agar masyarakat dapat dengan mudah melaporkan masalah yang ada di sekitarnya. Cukup dengan mengunggah lokasi, bukti masalah berupa foto atau video, dan kategori masalah, laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti. 

Fitur Qlue 

Interface Qlue sebenarnya sangat mudah digunakan karena identik dengan beberapa media sosial populer.  Meskipun begitu kegunaannya memang bukan untuk berjejaring sosial. Beberapa fitur yang terdapat dalam Qlue adalah sebagai berikut.

Pelaporan real time

Sebuah laporan akan dikirimkan secara real-time kepada pejabat yang berwenang. Setelah kita melaporkan kejadian tertentu, maka tindak lanjut dari pelaporan tersebut dapat dipantau bersama-sama.

Kategori laporan  

Banyaknya kategori masalah yang dicakup oleh Qlue mengartikan bahwa banyak pula pihak berwenang yang bekerja sama. Total ada 42 kategori laporan yang bisa digunakan oleh masyarakat. Kategori ini tentu bukan batasan pelaporan, melainkan pembagian pihak terkait yang akan menangani.

Baca Juga: BRI Kasih Cashback Ceban Bagi Pengguna Kartu Kredit

Geo-spasial mapping 

Aplikasi Qlue mencakup hampir seluruh kota di Indonesia. Ketika sebuah laporan dibuat, maka lokasi pelaporan akan dicatat sehingga laporan tersebut dapat diteruskan ke pihak terkait di daerah tertentu. Pengguna juga dapat melihat berbagai laporan yang dibuat oleh orang lain di timline-nya.

Pencegahan Covid-19

Sejak tahun 2020 yang lalu Qlue memang ikut berfokus pada penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Khusus untuk masalah yang terkait dengan Covid-19, ada beberapa label yang bisa digunakan sesuai masalah yang terjadi.

Beberapa label tersebut adalah kebutuhan alat kesehatan, rumahsakit penuh, adanya kerumunan, munculnya suspect Covid-19, adanya potensi perpindahan atau eksodus, dan kebutuhan bahan sembako.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Qlue yang dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi dengan Satgas Covid atau pejabat berwenang terkait. Segera laporkan jika ada hal-hal yang berpotensi membahayakan lingkungan.

Selanjutnya: 5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News