HOME, Keluarga

Lama Waktu Boleh Menyimpan Daging di Dalam Kulkas

Lama Waktu Boleh Menyimpan Daging di Dalam Kulkas

MOMSMONEY.ID - Usai Idul Adha, stok daging Anda pasti melimpah. Anda juga tak mungkin memasak semuanya dalam satu waktu. Nah biasanya, agar daging hasil kurban tetap segar, awet, dan tahan lama, Anda akan menyimpannya di dalam kulkas.

Namun, ada batas waktu berapa lama Anda boleh menyimpan daging di lemari pendingin. Dilansir dari royco.co.id, daging mentah sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua jam dalam suhu ruangan.

Namun, Anda juga jangan serta merta langsung menyimpan daging di freezer. Masukkan dulu ke bagian chiller yang bersuhu sekitar 40 derajat celcius agar daging tak mengalami perubahan suhu yang drastis dan tak merusak kualitasnya.

Baca Juga: Peralatan Dapur yang Wajib Anda Miliki di Dapur

Nah, untuk menentukan seberapa lama daging boleh disimpan sebenarnya bergantung dengan jenis daging. Seperti daging unggas yang bisa bertahan hingga 9 bulan jika disimpan di dalam freezer.

Lalu untuk ikan-ikanan dan produk makanan laut segar mentah dapat disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari sebelum diolah. Namun, bila ingin disimpan lebih lama lagi, pindahkan ke freezer.

Penyimpanan dalam freezer ini dapat membuatnya awet hingga enam bulan ke depan. Sementara untuk daging merah mentah seperti daging sapi, kambing, domba, kerbau, dan lain-lainnya dapat disimpan di freezer dengan suhu di bawah -18 derajat celcius selama 6-12 bulan.

Sementara itu, ketahanan daging juga ditentukan oleh bagiannya. Bagian daging has dalam bisa mencapai 12 bulan, tetapi bagian lidah atau jeroan hanya bertahan maksimal 4 bulan di dalam freezer.

Kendati dapat bertahan lama, Anda tetap harus mengecek kondisinya terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Bila setelah disimpan daging berubah warna kecoklatan dan tak terlihat segar lagi, tandanya daging sudah tak bisa lagi dikonsumsi.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Selain itu, bila Anda telah mengeluarkan daging yang disimpan atau dibekukan di dalam kulkas, langsung olah semuanya agar tak ada sisa yang harus dibekukan kembali.

Membekukan kembali daging mentah yang telah dicairkan dapat menurunkan kualitas daging dan membuatnya cepat busuk.

Maka, ada baiknya Anda mengelompokkan porsi daging sebelum nantinya dibekukan di freezer. Sertakan pula tanggal pertama kali Anda membeli di atas wadah atau pembungkus daging. Catatan ini sangat berguna untuk menentukan daging mana dulu yang harus dimasak.

Selanjutnya: Aneka Sajian Menu Daging Sapi Khas Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News