HOME, Bugar

Lakukan Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Lakukan Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang penting dilakukan, mengingat jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti.

Jantung memiliki peran yang sangat penting, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup. Berbagai gangguan bisa menyebabkan kondisi jantung memburuk, bahkan berujung pada kematian. 

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan beberapa cara, terutama menjalani gaya hidup dan pola makan sehat. Merawat kesehatan jantung artinya merawat kehidupan.

Baca Juga: Inilah Penyebab Gampang Sakit yang Perlu Anda Kenali

Pasalnya, saat jantung berhenti makan kehidupan seorang manusia pun akan ikut berhenti. Dilansir dari Cancer Care, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu:

1. Rutin berolahraga

Jarang berolahraga dan melakukan aktivitas fisik nyatanya juga berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan aktif secara fisik atau rutin melakukan olahraga. Sempatkanlah untuk berolahraga sekitar 20–30 menit setiap hari. 

2. Berhenti merokok

Peringatan yang terdapat pada bungkus rokok tidak dibuat tanpa alasan. Menurut WHO setiap tahun ada 1,9 juta orang yang meninggal akibat penyakit jantung yang terkait dengan penggunaan tembakau.

Nikotin dan karbon monoksida yang ada pada rokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga sangat berbahaya bagi jantung manusia. Jika Anda ingin jantung Anda sehat, berhentilah merokok sekarang juga.

3. Makanan sehat

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang banyak mengandung serat.

Makanan yang kaya akan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Anda bisa mendapat asupan serta dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Lengkapi juga konsumsi serat dengan banyak minum air putih agar pencernaan lebih lancar. 

Baca Juga: Kenali Gejala Hipertiroidisme dan Penyebabnya

4. Mengontrol kadar kolesterol 

Hal yang juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Anda dapat melakukan hal ini dengan melakukan cek darah secara rutin di rumah sakit maupun secara mandiri di rumah dengan berbagai kit yang kini banyak dijual di pasaran.

5. Istirahat yang cukup

Jantung kita tidak hanya bekerja lebih keras saat kita kekurangan asupan gizi dan air, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh tingkat stres dan tekanan darah.

Saat Anda memaksa tubuh Anda sampai ke luar batasnya, ada banyak bagian dalam tubuh Anda yang akan terganggu, terutama jantung.

Istirahat yang cukup akan memastikan bahwa metabolisme Anda berjalan optimal, stres Anda lebih terkelola, dan tekanan darah yang normal. 

Selain itu, pastikan juga untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar terhindar dari serangan penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News